Loyalty Card: Pengertian, Jenis dan Berbagai Manfaatnya

oleh | Mar 19, 2024 | Customer Loyalty

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam era bisnis yang penuh persaingan seperti saat ini, mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi fokus utama bagi perusahaan. Salah satu strategi yang telah terbukti efektif adalah menggunakan kartu loyalitas atau loyalty card.

Nah, artikel ini akan membahas bagaimana loyalty card tidak hanya menjadi alat untuk mempertahankan pelanggan, tetapi juga membuka peluang untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Loyalty card juga telah menjadi landasan dari strategi pemasaran yang sukses bagi banyak brand besar dan usaha kecil.

Namun, apa sebenarnya yang membuat kartu ini begitu efektif? Bagaimana cara mereka membantu mengamankan loyalitas pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan? Ayo cari tahu jawabannya dengan membaca artikel tentang loyalty card di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Loyalty Card

Pengertian Loyalty Card

ilustrasi loyalty card. source envato

Berdasarkan laman Talon, kartu loyalitas, atau yang sering disebut sebagai “loyalty card“, merupakan instrumen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mendorong loyalitas pelanggan.

Konsepnya sederhana adalah pelanggan mendaftar untuk mendapatkan kartu khusus yang memberikan akses kepada mereka untuk mendapatkan berbagai macam insentif, diskon, atau hadiah setelah mereka melakukan pembelian atau bertransaksi dengan perusahaan tersebut.

Intinya, loyalty card adalah cara bagi perusahaan untuk membalas loyalitas pelanggan dengan memberikan nilai tambah yang spesifik. Kartu ini dapat berbentuk fisik, seperti kartu plastik, atau dapat juga berupa program digital yang terintegrasi dalam aplikasi perusahaan.

Manfaat utama dari loyalty card adalah sebagai alat untuk membangun dan memelihara hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan. Dengan memberikan insentif kepada pelanggan setia, perusahaan dapat mendorong mereka untuk tetap berbelanja atau menggunakan layanan mereka secara konsisten.

Di dalamnya tidak hanya meningkatkan retensi pelanggan, tetapi juga dapat membuka peluang untuk meningkatkan nilai rata-rata transaksi, serta memberikan informasi berharga mengenai perilaku belanja pelanggan yang dapat digunakan untuk menyempurnakan strategi pemasaran dan penjualan.

Jadi, loyalty card tidak hanya sekadar alat pemasaran, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan untuk memperkuat basis pelanggannya, meningkatkan loyalitas, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar yang semakin ketat.

Baca juga: Pengertian Basis Customer, Fungsi, dan Strategi Menerapkannya

Jenis-Jenis Loyalty Card

Jenis-Jenis Loyalty Card

ilustrasi loyalty card. source envato

Terdapat beragam jenis loyalty card yang digunakan oleh perusahaan dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikut ini adalah beberapa jenis loyalty card yang banyak ditemukan:

1. Diskon dan Penawaran Khusus

Kartu ini memberikan akses kepada pemegangnya untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus pada produk atau layanan tertentu. Misalnya, kartu tersebut dapat memberikan diskon langsung pada saat pembayaran, atau memberikan diskon khusus untuk produk tertentu.

2. Poin Reward

Pada kartu ini, pelanggan mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan pembelian atau transaksi dengan perusahaan. Poin ini kemudian dapat ditukarkan dengan barang atau layanan tertentu yang disediakan oleh perusahaan.

3. Cashback

Kartu loyalty jenis ini memberikan pengembalian sebagian uang kepada pelanggan berdasarkan total pembelian mereka dalam periode waktu tertentu. Misalnya, pelanggan dapat menerima kembali sebagian dari jumlah yang mereka belanjakan dalam bentuk kredit atau voucher untuk digunakan di masa mendatang.

4. Membership Tier

Program loyalty seperti ini sering kali memiliki tingkat keanggotaan yang berbeda-beda, di mana pelanggan yang mencapai tingkat yang lebih tinggi mendapatkan manfaat tambahan. Contohnya, tingkat keanggotaan yang lebih tinggi dapat memberikan akses eksklusif ke penawaran khusus, layanan prioritas, atau hadiah yang lebih berharga.

5. Partner Program

Kartu loyalty jenis ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan manfaat dari sejumlah perusahaan atau brand yang bermitra dengan perusahaan tertentu. Dengan menggunakan satu kartu, pelanggan dapat mengakses berbagai penawaran dan insentif dari berbagai mitra bisnis.

6. Community or Social Loyalty

Kartu jenis ini didesain untuk membangun komunitas di sekitar brand atau perusahaan. Pelanggan yang memiliki kartu ini dapat mengakses kegiatan atau acara khusus, serta mendapatkan manfaat sosial lainnya yang terkait dengan menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Setiap jenis loyalty card memiliki keunggulan dan manfaatnya sendiri, tergantung pada tujuan dan strategi pemasaran perusahaan.

Dengan memilih jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas program loyalty mereka dalam membangun dan mempertahankan basis pelanggan yang setia.

Baca juga: Customer Centricity: Pengertian, Manfaat dan Cara Menerapkannya

Manfaat Loyalty Card

Manfaat Loyalty Card

ilustrasi loyalty card. source envato

Penggunaan loyalty card memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan dan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan kartu loyalitas:

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu manfaat utama dari loyalty card adalah meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Dengan memberikan insentif kepada pelanggan setia, seperti diskon, hadiah, atau poin reward, perusahaan dapat mendorong pelanggan untuk tetap berbelanja atau menggunakan layanan mereka secara konsisten.

2. Peningkatan Nilai Rata-Rata Transaksi

Kartu loyalty juga dapat membantu meningkatkan nilai rata-rata transaksi pelanggan. Dengan memberikan insentif kepada pelanggan untuk melakukan pembelian lebih banyak atau untuk membeli produk dengan nilai yang lebih tinggi, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan mereka secara keseluruhan.

3. Informasi Pelanggan yang Berharga

Program loyalty card juga dapat memberikan informasi berharga mengenai perilaku belanja pelanggan. Dengan melacak transaksi dan preferensi pelanggan, Anda dapat memahami lebih baik apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda dan menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan Anda sesuai dengan itu.

4. Membangun Hubungan yang Kuat

Loyalty card membantu membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan. Dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan setia, maka Anda menunjukkan bahwa mereka menghargai bisnis Anda tersebut dan ingin mempertahankan hubungan jangka panjang dengan mereka.

5. Menghasilkan Word-of-Mouth Marketing

Pelanggan yang puas dengan program loyalty card seringkali akan merekomendasikan perusahaan Anda kepada teman dan keluarga mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dan mendatangkan pelanggan baru secara organik melalui word-of-mouth marketing.

6. Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Dalam pasar yang kompetitif, memiliki program loyalty card yang kuat dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Pelanggan akan cenderung lebih setia kepada perusahaan yang menawarkan insentif dan penghargaan dibandingkan dengan pesaing mereka yang tidak melakukannya.

Jadi, loyalty card bukan hanya merupakan alat pemasaran, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan profitabilitas, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar yang semakin ketat.

Baca juga: Customer Churn: Pengertian, Cara Menghitung dan Cara Meminimalisirnya

Kesimpulan

Jadi, loyalty card telah terbukti sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan.

Dengan memberikan insentif kepada pelanggan setia, seperti diskon, poin reward, atau hadiah, Anda dapat mendorong loyalitas pelanggan, meningkatkan nilai rata-rata transaksi, dan memperoleh informasi berharga mengenai perilaku belanja pelanggan.

Manfaat lainnya dari penggunaan loyalty card adalah membangun hubungan yang kuat, menghasilkan word-of-mouth marketing, dan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Dengan memanfaatkan program loyalty card secara efektif, Anda dapat memperkuat basis pelanggan, meningkatkan profitabilitas, dan memperoleh keunggulan di pasar yang semakin kompetitif.

Oleh karena itu, investasi dalam program loyalty card bukan hanya merupakan strategi pemasaran yang cerdas, tetapi juga merupakan langkah yang penting bagi perusahaan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan mencapai kesuksesan jangka panjang di pasar yang dinamis ini.

Nah, salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan loyalty program secara efektif adalah dengan menggunakan Bliss. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengirimkan pesan promosi ke pelanggan, mengelola poin pelanggan, mengintegrasikannya ke produk Accurate, dan masih banyak lagi.

Sehingga, Anda bisa terhubung secara langsung dengan pelanggan demi meningkatkan retensi pembelian.

Ayo bergabung menjadi beta tester Bliss sekarang juga dengan mengisi form ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda