Aplikasi Loyalty Program: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

oleh | Mar 12, 2024 | Customer Loyalty

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam dunia di mana hubungan antara brand dan konsumen menjadi sangat penting, aplikasi loyalty program telah menjadi salah satu alat penting bagi perusahaan untuk membangun kesetiaan dengan pelanggannya. 

Dengan menggabungkan teknologi dan strategi pemasaran, aplikasi loyalty program mampu menawarkan pengalaman yang berbeda dan menguntungkan bagi para pelanggan setia. 

Nah dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai hal tentang aplikasi loyalty program, mulai dari pengertian hingga contoh-contoh aplikasi loyalty program yang telah sukses memperkuat hubungan antara brand dan pelanggan.

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Loyalty Program?

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Loyalty Program?

ilustrasi aplikasi loyalty program. source envato

Berdasarkan laman Shopify aplikasi loyalty program adalah platform digital yang dirancang untuk memberikan insentif kepada pelanggan agar tetap loyal terhadap brand atau perusahaan tertentu. 

Program ini umumnya berbentuk sebuah aplikasi smartphone yang dapat digunakan dengan mudah oleh para pengguna dengan menggunakan koneksi internet.

Tujuan utamanya dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan dengan memberikan hadiah, diskon, atau manfaat lainnya.

Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengumpulkan poin, menerima penawaran khusus, atau bahkan mendapatkan akses ke konten eksklusif perusahaan. 

Aplikasi loyalty program akan lebih memanfaatkan teknologi dan data untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan pada pelanggan, serta membantu perusahaan untuk bisa lebih memahami preferensi dan perilaku pembelian pelanggan dengan lebih baik. 

Jadi, aplikasi loyalty program tidak hanya menjadi alat untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga untuk meningkatkan customer engagement atau customer engagement dan memperluas basis pelanggan melalui pengalaman yang lebih baik dan memuaskan.

Baca juga: Program Loyalitas Pelanggan: Fungsi, Tujuan, dan Contohnya

Manfaat Penggunaan Aplikasi Program Loyalitas bagi Bisnis

Manfaat Penggunaan Aplikasi Program Loyalitas bagi Bisnis

ilustrasi aplikasi loyalty program. source envato

Pembuatan aplikasi bukan hanya sekadar pelengkap maupun pendukung kegiatan bisnis, aplikasi loyalty program juga dapat menjadi suatu strategi yang ampuh untuk meningkatkan penghasilan bisnis.

Penggunaan aplikasi program loyalitas mampu memberikan sejumlah manfaat yang besar bagi bisnis, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Customer Retention

Aplikasi program loyalitas dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan insentif dan penghargaan kepada para pelanggan tersebut.

Hal ini dapat mengurangi tingkat churn rate dan meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap brand atau perusahaan.

2. Meningkatkan Customer Engagement

Aplikasi loyalty program memungkinkan bisnis untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan melalui pemberian poin, penghargaan, atau penawaran khusus. Hal ini akan meningkatkan customer engagement dengan brand dan produk.

3. Mengumpulkan Data Pelanggan Secara Mendalam

Aplikasi loyalty memungkinkan bisnis untuk mengumpulkan data pelanggan yang lebih mendalam, seperti preferensi pembelian, pola pembelian, dan perilaku konsumen. Informasi ini dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih tertarget dan personal.

4. Meningkatkan Repeat Order

Dengan memberikan insentif kepada pelanggan melalui aplikasi loyalty, bisnis dapat meningkatkan terjadinya repeat order dari pelanggan yang sudah ada. Diskon, poin reward, atau hadiah eksklusif dapat menjadi dorongan tambahan bagi pelanggan untuk terus berbelanja.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Aplikasi loyalty program dapat menjadi channel yang tepat untuk memperkenalkan produk baru, layanan tambahan, atau promosi khusus kepada pelanggan. Hal ini akan membantu meningkatkan brand awareness dan memperluas pangsa pasar.

6. Memotivasi Pelanggan untuk Bertindak

Melalui berbagai fitur aplikasi loyalty program, seperti poin reward atau tingkat keanggotaan, aplikasi loyalty akan memotivasi pelanggan untuk terlibat lebih aktif dengan brand atau perusahaan. Sehingga akan mampu menciptakan hubungan yang lebih kuat antara brand dan pelanggan.

Penggunaan aplikasi program loyalitas tidak hanya mampu meningkatkan customer retention, tetapi juga membantu bisnis memahami pelanggan secara lebih baik, meningkatkan customer engagement, dan menciptakan pengalaman yang lebih positif secara keseluruhan.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Strategi, Indikator, dan Contohnya

Jenis-jenis Program dalam Aplikasi Customer Loyalty Program 

Jenis-jenis Program dalam Aplikasi Customer Loyalty Program 

ilustrasi aplikasi loyalty program. source envato

Dalam aplikasi customer loyalty program, terdapat beberapa jenis program yang umumnya digunakan untuk memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis program yang banyak ditemui dalam dunia bisnis:

1. Poin Reward

Program poin reward adalah salah satu program yang paling umum dalam aplikasi loyalty. Pelanggan nantinya akan mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan pembelian atau menggunakan layanan perusahaan.

Poin tersebut dapat ditukarkan dengan diskon, hadiah, atau manfaat lainnya di waktu yang akan datang.

2. Diskon Langsung

Program diskon langsung mampu memberikan penghargaan yang layak kepada pelanggan dengan memberikan potongan harga atau diskon langsung pada pembelian atau transaksi tertentu. Cara ini akan langsung untuk merangsang pelanggan agar kembali berbelanja di perusahaan Anda.

3. Program Tingkat Keanggotaan

Program tingkat keanggotaan akan membagi pelanggan ke dalam tingkatan berbeda berdasarkan seberapa sering mereka berinteraksi atau berbelanja di perusahaan tersebut.

Nantinya, setiap tingkatan keanggotaan dapat memiliki manfaat eksklusif atau tingkat diskon yang berbeda-beda.

4. Referral Program

Referral program mampu membantu pelanggan untuk merekomendasikan produk atau layanan perusahaan kepada teman dan keluarganya. Dalam pertukaran referal yang berhasil, baik pelanggan yang mereferensikan maupun yang direferensikan akan dapat menerima insentif atau manfaat tambahan.

5 Penawaran Spesial dan Hadiah Ulang Tahun

Aplikasi loyalty sering kali menyertakan penawaran spesial atau hadiah ulang tahun kepada pelanggan sebagai cara untuk memperkuat hubungan individualnya antara perusahaan dan pelanggan. Hadiah-hadiah ini dapat berupa diskon tambahan, produk gratis, atau pengalaman khusus.

6. Acara Khusus dan Konten Eksklusif

Beberapa aplikasi loyalty program ada yang menawarkan akses eksklusif ke acara khusus atau konten eksklusif kepada pelanggan yang aktif. Hal ini akan menciptakan rasa keanggotaan yang eksklusif dan memperkuat ikatan antara pelanggan dan brand.

Dengan menyediakan berbagai jenis program ini, aplikasi customer loyalty program dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik dan berbeda bagi pelanggan.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Era Digital

Percayakan Peningkatan Loyalitas Pelanggan Anda dengan Bliss Beta

Ingin pelanggan jadi langganan? Tapi untuk urus operasi bisnis saja masih kelabakan?

Tenang, Aplikasi Loyalty Program dari Bliss Beta hadir bagai bless in disguise. Anda tak perlu pusing lagi tentang meeting dengan programmer untuk menghadirkan aplikasi berkualitas dengan berbagai fitur-fitur di dalamnya.

Bliss Beta dapat membantu pebisnis untuk membangun program loyalitas yang dapat disesuaikan sepenuhnya.

Walaupun masih dalam tahap beta, namun aplikasi ini memiliki fitur unggulan yang dikenal dengan Custom Promotional Campaign. Fitur ini memberikan berbagai kemudahan untuk melakukan berbagai promosi pada bisnis Anda, seperti:

  1. Promo Terjadwal: Jadwalkan berbagai macam promo dengan jendela waktu yang berbeda dalam satu waktu pembuatan.
  2. Notifikasi Aplikasi dapat disisipkan gambar secara khusus berupa banner.
  3. Dapat mengetahui statistik member yang terdampak, layaknya sistem CRM, hasil statistik atas informasi dari pelanggan tercatat dengan baik.
  4. Push notifikasi langsung ke perangkat member.

Tidak perlu pikir panjang, ayo bergabung dengan program Bliss Beta sekarang juga dengan mengisi form ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda