Apa itu Membership? Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Menerapkannya

oleh | Mar 13, 2024 | Customer Loyalty

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam era digital yang terus berkembang, istilah “membership” tidak lagi terbatas pada keanggotaan di klub olahraga atau perkumpulan lokal. Saat ini, konsep membership telah merambah ke berbagai sektor, terutama dalam ranah online.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan membership, dan mengapa begitu banyak entitas bisnis dan komunitas online memilih menerapkannya?

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang makna membership dan mengungkapkan manfaatnya yang signifikan. Jadi, baca terus artikel tentang membership di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Membership?

Apa Itu Membership?

ilustrasi apa itu membership. source envato

Berdasarkan laman LinkedIn, membership, atau keanggotaan, merujuk pada status seseorang sebagai anggota atau bagian dari suatu kelompok, organisasi, atau program tertentu. Dalam konteks bisnis dan online, membership seringkali terkait dengan layanan atau platform yang menawarkan manfaat eksklusif kepada anggotanya.

Keanggotaan dapat mencakup berbagai hal, mulai dari keanggotaan di klub kebugaran, situs web berlangganan, forum online, hingga program loyalitas pelanggan.

Dalam banyak kasus, individu atau perusahaan membayar biaya atau berlangganan untuk mendapatkan akses ke fitur, konten, atau layanan khusus yang tidak tersedia bagi non-anggota.

Manfaat keanggotaan dapat berupa akses eksklusif ke konten premium, diskon khusus, privilèges tertentu, atau komunitas yang terfokus.

Bagi penyedia layanan, membership dapat menjadi cara efektif untuk membangun basis pelanggan yang setia, meningkatkan retensi, dan menciptakan keterlibatan yang lebih dalam dengan audiens mereka.

Dengan perkembangan teknologi dan popularitas internet yang terjadi saat ini, model bisnis keanggotaan semakin berkembang, mencakup berbagai sektor industri. Dengan menjadi anggota suatu platform atau layanan, individu dapat merasakan nilai tambah yang lebih besar dibandingkan dengan pengalaman konvensional atau gratis.

Baca juga: Customer Retention: Pengertian dan Cara Tepat Meningkatkannya

Apa Manfaat Sistem Membership?

Apa Manfaat Sistem Membership?

ilustrasi apa itu membership. source envato

Sistem keanggotaan (membership) dapat memberikan sejumlah manfaat, baik bagi penyedia layanan maupun bagi anggota atau pelanggan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari sistem membership:

1. Loyalitas Pelanggan

Sistem keanggotaan mampu membantu membangun loyalitas pelanggan dengan memberikan penghargaan kepada anggota yang tetap setia. Pelanggan yang merasa memiliki keuntungan tambahan sebagai anggota cenderung memilih untuk tetap berlangganan atau menggunakan layanan secara berulang.

2. Pendapatan yang Konsisten

Model bisnis keanggotaan dapat memberikan sumber pendapatan yang lebih stabil dan konsisten, terutama jika anggota membayar biaya berlangganan secara bulanan atau tahunan.

3. Akses Eksklusif

Anggota mendapatkan akses eksklusif ke konten, layanan, atau fitur tertentu yang tidak tersedia untuk non-anggota. Keuntungan eksklusif ini dapat meningkatkan nilai persepsi dan keinginan orang untuk bergabung.

4. Interaksi dan Keterlibatan Tinggi

Dengan menyediakan forum, webinar, atau acara khusus, sistem keanggotaan dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan antara anggota dan penyedia layanan. Komunitas yang dibangun melalui keanggotaan dapat menciptakan pengalaman yang lebih berarti.

5. Penyesuaian Berdasarkan Preferensi

Sistem keanggotaan sering kali memungkinkan penyedia layanan menyesuaikan pengalaman anggota berdasarkan preferensi mereka, seperti rekomendasi konten yang relevan atau diskon khusus sesuai dengan riwayat penggunaan.

6. Analisis dan Pelacakan

Melalui data anggota, penyedia layanan dapat melakukan analisis yang mendalam terkait perilaku pengguna, preferensi, dan kebutuhan. Hal ini dapat membantu penyedia untuk menyempurnakan layanan mereka.

7. Komunitas dan Jaringan

Setiap anggota dapat merasa terhubung dengan sesama anggota lainnya, menciptakan komunitas yang kuat. Hal ini dapat memberikan nilai tambah yang signifikan, terutama dalam konteks belajar, berbagi pengalaman, atau membangun jaringan.

8. Diskon dan Penawaran Khusus

Keanggotaan seringkali disertai dengan diskon khusus atau penawaran istimewa untuk produk atau layanan tertentu, mendorong anggota untuk memanfaatkan nilai ekstra dari keanggotaan mereka.

Dengan menyatukan berbagai manfaat ini, sistem keanggotaan dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun komunitas, dan mencapai tujuan bisnis secara berkelanjutan.

Baca juga: Customer Lifetime Value (CLV): Pengertian, Cara Menghitung, dan Strateginya

Bagaimana Cara Menerapkan Sistem Membership

Bagaimana Cara Menerapkan Sistem Membership

ilustrasi apa itu membership. source envato

Menerapkan sistem keanggotaan bisa melibatkan serangkaian langkah strategis untuk memastikan keberhasilan dan kepuasan anggota. Berikut adalah panduan tentang cara menerapkan sistem membership:

1. Tentukan Tujuan dan Manfaat

Tentukanlah dengan jelas tujuan dari sistem keanggotaan Anda. Apa yang ingin Anda capai? Apakah itu peningkatan loyalitas pelanggan, pendapatan yang lebih stabil, atau keterlibatan tinggi?

2. Pilih Model Keanggotaan

Pilihlah model keanggotaan yang sesuai dengan bisnis atau layanan Anda. Misalnya, apakah itu berbasis bulanan, tahunan, atau satu kali pembayaran?

3. Identifikasi Nilai Tambah

Tentukanlah nilai tambah yang akan diberikan kepada anggota. Apakah itu akses eksklusif ke konten premium, diskon produk, atau hak istimewa lainnya?

4. Tentukan Biaya Keanggotaan

Evaluasi secara cermat berapa biaya yang wajar untuk keanggotaan. Pastikan bahwa biaya tersebut mencerminkan nilai tambah yang diberikan kepada anggota.

5. Buat Struktur Keanggotaan

Tentukanlah tingkatan atau paket keanggotaan yang berbeda dengan fitur dan manfaat yang sesuai. Di dalamnya dapat mencakup paket dasar, premium, atau eksklusif.

6. Buat Platform atau Sistem Online

Jika bisnis Anda berbasis online, pastikan untuk memiliki platform atau sistem yang memungkinkan pendaftaran, manajemen keanggotaan, dan pembaruan informasi dengan mudah.

7. Promosikan dengan Efektif

Gunakanlah strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan keanggotaan Anda. Di dalamnya dapat mencakup konten pemasaran, email marketing, iklan online, atau promosi khusus bagi pelanggan setia.

8. Buat Pengalaman Anggota yang Menarik

Pastikan setiap anggota Anda merasa nilai tambah dari keanggotaan mereka. Sediakanlah konten eksklusif, diskon berkala, atau acara khusus yang dapat meningkatkan keterlibatan dan kepuasan anggota.

9. Analisis dan Evaluasi

Pantau juga kinerja keanggotaan secara teratur. Lakukanlah analisis terhadap data anggota untuk memahami pola perilaku, preferensi, dan feedback. Gunakan informasi ini untuk terus meningkatkan sistem keanggotaan Anda.

10. Fleksibilitas dan Pembaruan

Tetaplah fleksibel dan terbuka terhadap umpan balik anggota. Jika diperlukan, berikan pembaruan pada struktur keanggotaan atau manfaat untuk menjawab perubahan kebutuhan pelanggan.

Dengan merencanakan dan melaksanakan langkah-langkah ini secara cermat, Anda dapat menciptakan sistem keanggotaan yang sukses dan memberikan nilai tambah bagi anggota Anda.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Era Digital

Kesimpulan

Menerapkan sistem keanggotaan merupakan strategi yang dapat memberikan manfaat besar bagi penyedia layanan dan anggota. Dengan merancang sistem keanggotaan yang baik, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memberikan nilai tambah yang signifikan.

Dengan merinci tujuan, memilih model keanggotaan yang tepat, dan menawarkan manfaat yang menarik, bisnis dapat membangun komunitas yang kuat dan meningkatkan pendapatan secara berkelanjutan.

Jadi, sangat penting sekali untuk selalu memantau kinerja sistem keanggotaan, beradaptasi dengan umpan balik anggota, dan terus meningkatkan pengalaman anggota untuk memastikan keberhasilan jangka panjang. Dengan demikian, sistem keanggotaan dapat menjadi alat yang efektif dalam mencapai tujuan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Nah untuk membantu Anda dalam menerapkan sistem membership, Anda bisa mencoba aplikasi loyalty program dari Bliss.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang tidak kalah dengan berbagai aplikasi loyalty program lainnya, seperti mengelola poin pelanggan, mengirim pesan ke member pelanggan, dan masih banyak lagi.

Jadi, ayo bergabung ke dalam program loyalty dari Bliss Beta sekarang juga dengan mengisi form di link ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda