Program Loyalitas Pelanggan: Fungsi, Tujuan, dan Contohnya

oleh | Mar 5, 2024 | Customer Loyalty

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Seiring terjadinya perkembangan zaman akan proses digitalisasi, hubungan antar manusia menjadi lebih dekat dan mudah untuk terjalin.  Hubungan antara perusahaan dan pelanggan pun seharusnya bisa menjadi lebih dekat dan penting dari sebelumnya. 

Salah satu alat yang paling efektif dalam memperkuat hubungan ini adalah program loyalitas pelanggan.  Program ini tidak hanya tentang memberikan insentif kepada pelanggan untuk melakukan repeat order, tetapi juga tentang menciptakan ikatan yang kuat dan berkelanjutan antara brand dan konsumen. 

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas tentang program loyalitas pelanggan, mulai dari pengertian, strategi, hingga contoh program loyalitas pelanggan terkenal di Indonesia.

Untuk itu, baca terus artikel tentang program loyalitas pelanggan di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Program Loyalitas Pelanggan

Pengertian Program Loyalitas Pelanggan

ilustrasi batas lapor spt. source envato

Berdasarkan laman Forbes, program loyalitas pelanggan (Loyalty Program) adalah strategi bisnis yang berfokus pada pemasaran dan dirancang khusus untuk mendorong dan mempertahankan kesetiaan pelanggan terhadap brand atau perusahaan tertentu.

Tujuan utama dari loyalty program adalah untuk melakukan promosi penjualan dengan cara memberikan insentif kepada pelanggan agar mereka mau kembali berbelanja atau menggunakan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut secara berulang. 

Program loyalitas ini biasanya akan melibatkan pemberian hadiah, diskon, atau manfaat lainnya kepada pelanggan yang sering bertransaksi atau menggunakan layanan perusahaan tersebut. 

Selain itu, program loyalitas pelanggan juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan, menciptakan pengalaman yang lebih baik, serta meningkatkan retensi pelanggan dan nilai keseluruhan dari basis pelanggan perusahaan. 

Jadi, customer loyalty program merupakan upaya tepat untuk membangun dan memelihara hubungan yang positif antara perusahaan dan konsumen dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Strategi, Indikator, dan Contohnya

Strategi Bisnis dengan Program Loyalitas

Strategi Bisnis dengan Program Loyalitas

ilustrasi Program Loyalitas. source envato

Menggunakan program loyalitas pelanggan sebagai bagian dari strategi bisnis dapat membuka berbagai peluang untuk meningkatkan pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan.

Berikut adalah beberapa strategi bisnis yang dapat dilakukan dengan menggunakan program loyalitas pelanggan:

1. Meningkatkan Customer Retention

Program loyalitas pelanggan akan membantu perusahaan dalam meningkatkan retensi pelanggan atau customer retention dengan memberikan insentif kepada mereka untuk kembali berbelanja atau menggunakan layanan perusahaan.

Dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, perusahaan dapat mengurangi biaya pemasaran dan akuisisi pelanggan baru.

2. Meningkatkan Average Transaction Value (ATV)

Program loyalitas dapat dirancang untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian yang lebih besar atau lebih sering dengan memberikan insentif atau hadiah yang relevan.

Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan nilai transaksi rata-rata atau Average Transaction Value dan meningkatkan pendapatan per pelanggan.

3. Mengumpulkan Data Penting Setiap Pelanggan

Program loyalitas pelanggan memungkinkan perusahaan untuk bisa mengumpulkan data penting setiap pelanggan, seperti preferensi, perilaku pembelian, dan informasi kontak mereka.

Nantinya, data ini dapat digunakan untuk membuat kampanye pemasaran yang lebih terarah dan personal, serta untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara menyeluruh.

4. Membangun Hubungan yang Lebih Dekat dengan Pelanggan

Seperti yang sempat disinggung pada awal paragraf artikel, program loyalitas mampu membantu memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan dengan cara memberikan penghargaan dan pengakuan kepada pelanggan setia.

Sehingga, hal ini akan menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam antara brand dan konsumen, yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan loyalitas dan brand advocacy.

5. Menerapkan Word-of-Mouth Marketing Secara Otomatis

Pelanggan yang puas dengan program loyalitas cenderung akan bersedia merekomendasikan brand Anda  kepada teman dan keluarganya. Dengan menawarkan insentif untuk memberikan referensi atau testimoni yang baik, program loyalitas dapat menjadi tools yang efektif untuk memperluas jaringan pelanggan melalui word-of-mouth marketing.

6. Meningkatkan Brand Differentiation

Program loyalitas dapat menjadi titik penjualan unik yang mampu membedakan perusahaan dari setiap kompetitornya. Dengan menawarkan program yang berbeda dan manfaat yang menarik, perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat dan membedakan brand-nya di pasar.

Dengan menerapkan strategi bisnis ini, perusahaan dapat memanfaatkan potensi secara penuh dari program loyalitas pelanggan untuk meningkatkan pertumbuhan, retensi pelanggan, dan keberhasilan bisnis secara menyeluruh.

Baca juga: Aplikasi Loyalty Program: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

Contoh Program Loyalitas yang Efektif di Indonesia

Contoh Program Loyalitas yang Efektif di Indonesia

ilustrasi Program Loyalitas. source envato

Di Indonesia, terdapat beberapa contoh atau tipe program loyalitas pelanggan yang efektif yang telah diterapkan oleh berbagai jenis bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Loyalty Card

Saat ini, sudah banyak restoran, supermarket, dan toko retail di Indonesia yang menawarkan kartu loyalitas kepada pelanggannya. Kartu ini akan memberikan poin atau diskon khusus setiap kali pelanggan melakukan pembelian atau transaksi tertentu.

2. Program Poin

Sejumlah perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di sektor ritel dan perhotelan, sudah banyak yang mengoperasikan program poin di mana pelanggan mereka nantinya bisa mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan pembelian atau menginap.

Poin ini kemudian bisa ditukarkan dengan hadiah atau diskon di waktu yang akan datang.

3. Aplikasi Loyalty

Beberapa brand sudah banyak yang mengembangkan aplikasi seluler untuk membantu pelanggan mengakses penawaran eksklusif, mengumpulkan poin, dan melacak riwayat transaksi mereka. Aplikasi semacam ini juga dapat memberikan notifikasi tentang promosi atau acara-acara khusus.

4. Program Referral

Beberapa perusahaan sudah banyak yang mengadopsi program loyalitas dengan menggabungkan unsur referral. Pelanggan nantinya dapat memperoleh insentif tambahan atau poin tertentu jika mereka mngajak teman atau keluarganya untuk menggunakan produk atau layanan yang sama.

5. Program Close Member

Sejumlah merek fashion dan kosmetik memiliki program close member di mana hanya pelanggan yang telah memenuhi syarat tertentu yang dapat bergabung. Keanggotaan dalam program tersebut akan memberikan akses eksklusif ke penawaran, diskon, dan produk terbaru.

6. Program Online

Saat ini, sudah banyak bisnis e-commerce yang mengoperasikan program loyalitasnya melalui platform online. Program ini dapat memberikan keuntungan berupa diskon, voucher, atau pengiriman gratis kepada pelanggan yang sering berbelanja secara online.

Contoh diatas hanyalah beberapa program loyalitas yang efektif dan telah sukses diterapkan di Indonesia. Setiap program nantinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan profil pelanggan perusahaan yang bersangkutan untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Era Digital

Cara membuat program loyalitas dengan Mudah!

Membangun program loyalitas bukanlah hal yang mudah, terdapat berbagai hal yang perlu Anda perhatikan guna dapat menjalankan loyalty program yang baik.

Namun Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan tersebut, dengan bergabung menjadi bagian beta tester Bliss, segala kemudahan akan Anda rasakan, Anda cukup fokus pada bisnis Anda saja!

Walaupun masih berada dalam tahap beta, namun aplikasi ini  memiliki berbagai fitur unggulan yang tidak kalah dengan aplikasi loyalty program lainnya, seperti custom promo yang dapat membuat dan mengirimkan pesan promo khusus untuk pelanggan kesayangan Anda!

Untuk itu, jadilah bagian dari beta tester Bliss dan nikmati peningkatan revenue dari loyalitas pelanggan Anda dengan mengisi form Ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda