Pengertian House Ambassador dan Perbedannya dengan Global Ambassador

oleh | Mar 19, 2024 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam era globalisasi yang semakin terhubung secara digital, peran duta besar atau ambassador telah menjadi semakin penting dalam memperkuat hubungan antara negara, organisasi, atau brand dengan masyarakat global. Dalam konteks ini, dua peran yang seringkali membingungkan adalah House Ambassador dan Global Ambassador.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang serupa dalam mewakili entitas yang mereka perjuangkan, perbedaan mendasar dalam fokus, cakupan, dan dampak mereka terhadap publik menjadi hal yang patut dicermati.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bersama tentang perbedaan antara House Ambassador dan Global Ambassador, serta pemahaman yang mendalam tentang kedua peran ini dalam bisnis.

Jadi untuk Anda yang belum mengetahui perbedaan antara House Ambassador dan Global Ambassador, Anda harus membaca artikel ini hingga selesai.

Pengertian House Ambassador

Pengertian House Ambassador

ilustrasi perbedaan house ambassador dan global ambassador. source envato

House Ambassador adalah seorang perwakilan resmi dari suatu organisasi, perusahaan, atau entitas yang bertugas untuk mewakili dan mempromosikan kepentingan serta citra positif dari entitas tersebut di dalam negeri atau di tingkat lokal.

Mereka biasanya beroperasi di tingkat domestik atau regional, fokus pada memperkuat hubungan dengan pemerintah, lembaga swasta, dan masyarakat lokal. Tugas-tugas mereka mungkin meliputi mengelola komunikasi dengan media lokal, mengkoordinasikan acara dan kampanye promosi di dalam negeri, serta menjalin hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan setempat.

Peran mereka seringkali berfokus pada menjaga reputasi, memperluas jaringan, dan memastikan bahwa entitas yang mereka wakili dipersepsikan secara positif oleh publik di tingkat lokal atau domestik.

Baca juga: Brand Amabassador: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencarinya Bagi Bisnis

Pengertian Global Ambassador

Pengertian Global Ambassador

ilustrasi perbedaan house ambassador dan global ambassador. source envato

Dijelaskan dalam laman Branding Forum, Global Ambassador adalah individu yang diangkat oleh suatu organisasi, perusahaan, atau entitas untuk mewakili dan mempromosikan kepentingan serta citra positif dari entitas tersebut di tingkat global. Mereka bertugas untuk memperluas jangkauan dan pengaruh entitas yang mereka wakili di berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia.

Tugas-tugas mereka mungkin meliputi menghadiri konferensi internasional, berpartisipasi dalam kampanye global, menyampaikan pidato atau seminar di berbagai negara, serta menjalin hubungan dengan pemimpin politik, bisnis, dan masyarakat sipil di tingkat internasional.

Peran Global Ambassador seringkali berfokus pada memperluas jaringan, memperkuat hubungan diplomatik, serta meningkatkan visibilitas dan reputasi global dari entitas yang mereka wakili.

Baca juga: Brand Top of Mind: Pengertian dan Strategi Menjadi Brand Top of Mind

Perbedaan House Ambassador dan Global Ambassador

Perbedaan House Ambassador dan Global Ambassador

ilustrasi perbedaan house ambassador dan global ambassador. source envato

Perbedaan antara House Ambassador dan Global Ambassador terletak pada cakupan, fokus, dan lingkup tugas mereka:

1. Fokus Geografis

Perbedaan house ambassador dan global ambassador yang harus Anda ketahui adalah House Ambassador lebih fokus pada representasi dan promosi di tingkat lokal atau domestik, dengan penekanan pada memperkuat hubungan di dalam negeri.

Di sisi lain, global ambassador akan lebih bertugas untuk mewakili dan mempromosikan entitas di tingkat global, beroperasi di berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia untuk memperluas pengaruh dan visibilitas global.

2. Jangkauan Tugas

Perbedaan house ambassador dan global ambassado yang kedua adalah House Ambassador memiliki tugas yang lebih terkonsentrasi pada aktivitas di dalam negeri, termasuk mengelola komunikasi dengan media lokal, mengkoordinasikan acara dan kampanye promosi, serta menjalin hubungan dengan pemangku kepentingan setempat.

Sedangkan global Ambassador lebih bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan yang lebih luas dan seringkali melintasi batas-batas negara, seperti menghadiri konferensi internasional, berpartisipasi dalam kampanye global, dan menjalin hubungan dengan pemimpin dan organisasi internasional.

3. Cakupan Reputasi

House Ambassador memainkan peran penting dalam memastikan bahwa entitas yang mereka wakili dipersepsikan secara positif oleh publik di tingkat lokal atau domestik.

Di lain hal, Global Ambassador banyak berkontribusi pada memperluas reputasi dan pengaruh entitas di tingkat global, membantu membangun citra positif dan koneksi di berbagai negara.

4. Tujuan dan Dampak

House Ambassador memiliki tujuan untuk memelihara dan memperkuat hubungan lokal, mempromosikan produk atau layanan di pasar dalam negeri, serta memperjuangkan kepentingan domestik entitas yang mereka wakili.

Sedangkan Global Ambassador memiliki tujuan yang lebih luas untuk meningkatkan visibilitas global, memperluas pasar internasional, dan membangun hubungan diplomatik yang kuat di tingkat global, dengan dampak yang melampaui batas-batas geografis.

Baca juga: Trade Marketing: Pengertian, Manfaat dan Strategi Menerapkannya

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan antara House Ambassador dan Global Ambassador mencakup fokus geografis, jangkauan tugas, cakupan reputasi, serta tujuan dan dampak dari peran masing-masing.

House Ambassador lebih berfokus pada representasi di tingkat lokal atau domestik, dengan tugas-tugas yang terkonsentrasi pada aktivitas di dalam negeri dan memperkuat hubungan lokal.

Sementara itu, Global Ambassador bertugas untuk mewakili dan mempromosikan entitas di tingkat global, dengan tujuan yang lebih luas untuk meningkatkan visibilitas global, memperluas pasar internasional, dan membangun hubungan diplomatik yang kuat di tingkat global.

Dengan demikian, peran keduanya memiliki dampak yang berbeda, tetapi saling melengkapi dalam memperkuat citra dan hubungan entitas yang mereka wakili di tingkat lokal maupun global.

Namun, untuk meningkatkan kesuksesan bisnis secara keseluruhan, Anda bisa menerapkan program loyalitas pelanggan dengan menggunakan Bliss.

Aplikasi yang saat ini masih dalam tahap beta, akan membantu Anda dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan retensi pembelian secara menyeluruh melalui beragam fitur luar biasa di dalamnya.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam dalam mengirim pesan promosi kepada para member pelanggan Anda secara personal, mengelola poin reward seluruh pelanggan Anda, hingga mengintegrasikannya dengan Accurate POS dan Accurate Online.

Sehingga, pada akhirnya, Anda bisa meningkatkan keuntungan bisnis secara menyuluh.

Jadi tunggu apa lagi? Bergabunglah menjadi bagian dari Bliss beta user sekarang juga dengan mengisi form ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda