6 Manfaat Penting Poin Reward dan Cara Menerapkannya dalam Bisnis

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Jul 12, 2024 | Customer Loyalty

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dewasa ini, poin reward memiliki peran penting untuk para pelanggan yang cerdas. Di dalamnya tidak hanya akan memberikan keuntungan langsung untuk pelanggan, tapi juga mampu meningkatkan gaya hidup finansial mereka.

Lalu, apa saja manfaat dari poin reward untuk pelanggan? Bagaimana menerapkannya ke dalam bisnis? Baca terus artikel di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

 

Apa itu poin reward?

Berdasarkan laman Compass, poin reward adalah bentuk insentif atau manfaat yang diberikan kepada pelanggan atau pengguna sebagai imbalan atas pembelian produk atau layanan tertentu.

Umumnya, poin ini dikumpulkan dalam program loyalitas pelanggan yang disediakan oleh perusahaan atau retailer sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pembelian berulang.

Pada prosesnya, setiap kali pelanggan melakukan pembelian atau menggunakan layanan tertentu, mereka akan mendapatkan sejumlah poin reward.

Kemudian, poin ini dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah, diskon, atau manfaat lainnya yang ditawarkan dalam program tersebut.

Program poin reward umumnya dibuat agar bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang aktif dan setia, serta untuk memotivasi mereka agar tetap berinteraksi dengan brand atau perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Program Loyalitas Pelanggan: Fungsi, Tujuan, dan Contohnya

Manfaat menerapkan poin reward untuk bisnis

Menerapkan program poin reward dapat memberikan beberapa manfaat yang besar untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Meningkatkan retensi pelanggan

Program poin reward akan membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan terdorong untuk kembali berbelanja atau menggunakan layanan Anda kembali agar mereka bisa mengumpulkan lebih banyak poin.

Hal tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

2. Memotivasi pembelian berulang

Dengan adanya insentif poin reward, pelanggan akan cenderung lebih sering berbelanja atau menggunakan layanan Anda untuk mengumpulkan poin tambahan.

Tentunya hal tersebut akan meningkatkan frekuensi pembelian atau penggunaan layanan Anda.

3. Memikat pelanggan baru

Program poin reward bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan baru untuk mencoba produk atau layanan bisnis Anda, khususnya jika mereka melihat nilai yang tinggi dalam manfaat yang Anda tawarkan.

4. Analisis data pelanggan

Dengan menggunakan program poin reward, Anda bisa mengumpulkan data yang penting tentang preferensi dan perilaku pelanggan.

Hal tersebut akan membantu Anda dalam membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan pelanggan.

5. Diferensiasi dari kompetitor

Program poin reward yang baik dapat menjadi faktor penentu pelanggan dalam memilih antara bisnis Anda atau kompetitor Anda, terutama jika mereka merasa mendapatkan nilai tambah yang signifikan melalui program tersebut.

6. Word-of-mouth marketing

Pelanggan yang puas dengan program poin reward Anda akan cenderung bersedia membagikan pengalaman positifnya kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui media sosial, yang mana hal tersebut akan dapat membantu meningkatkan brand exposure Anda.

Secara keseluruhan, program poin reward akan memberikan insentif kepada pelanggan, membangun hubungan yang erat  dan berkelanjutan dengan mereka, serta meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Strategi, Indikator, dan Contohnya

Cara efektif menerapkan poin reward

Pada artikel di atas, kita telah membahas akan pentingnya poin reward sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengoptimalkan pengalaman belanja mereka.

Melalui program poin reward, Anda akan bisa mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik perhatian pelanggan baru dengan nilai tambah yang signifikan.

Nah, dengan memanfaatkan aplikasi loyalitas pelanggan dari Bliss, Anda bisa dengan mudah mengelola serta menyempurnakan program poin reward Anda, menciptakan pengalaman yang lebih personal dan memuaskan bagi pelanggan.

Tertarik dengan Bliss? Ayo coba gunakan sekarang juga dengan mendaftarkan diri Anda pada form ini.

Referensi:

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda