Customer Discovery: Pengertian, Peran Penting dan Cara Menerapkannya

oleh ibnu ismail | Mei 8, 2024 | Customer Loyalty

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dewasa ini, memahami kebutuhan dan masalah potensial pelanggan adalah menjadi salah satu point utama dalam menciptakan produk atau layanan yang diminati pelanggan.

Konsep customer discovery mampu memberikan fokus pada proses yang mendalam untuk mengidentifikasi siapa sebenarnya pelanggan potensial Anda dan apa yang mereka cari.

Lantas, apa itu customer discovery? Apa saja peran pentingnya? Bagaimana cara menerapkannya dalam bisnis? Baca terus artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Pengertian Customer Discovery

Pengertian Customer Discovery

ilustrasi customer discovery. source envato

Todd dalam artikelnya yang sudah dipublikasikan dalam laman Medium menjelaskan bahwa customer discovery adalah proses sistematis untuk memahami siapa pelanggan potensial Anda, apa masalah atau kebutuhan pelanggan, dan bagaimana solusi yang Anda tawarkan agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Tujuan utama dari customer discovery adalah untuk mengumpulkan informasi yang mendalam tentang pasar dan target target Anda sebelum mengembangkan produk atau layanan Anda.

Dalam penerapannya, customer discovery akan melibatkan interaksi langsung dengan calon pelanggan, baik itu melalui wawancara, survei, observasi, atau percobaan produk awal.

Pendekatan ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi segmentasi pasar yang tepat, menghindari asumsi yang keliru, serta memastikan bahwa solusi yang dikembangkan benar-benar memecahkan masalah yang relevan bagi pelanggan.

Beberapa tahapan dalam menerapkan customer discovery adalah sebagai berikut:

  • Identifikasi Persona Pelanggan: Menggambarkan secara detail siapa pelanggan ideal Anda, seperti karakteristik demografis, preferensi, dan tantangan yang mereka hadapi.
  • Verifikasi Masalah: Mengevaluasi apakah masalah yang Anda percayai benar-benar berguna bagi pelanggan potensial Anda.
  • Validasi Solusi: Menguji apakah solusi yang Anda rencanakan atau tawarkan benar-benar efektif dalam menyelesaikan masalah pelanggan.
  • Iterasi: Berdasarkan feedback dari pelanggan, teruslah perbaiki dan kembangkanlah solusi Anda.

Dengan menerapkan customer discovery, Anda dapat meminimalisir risiko pengembangan produk yang gagal karena tidak relevan atau tidak diinginkan oleh pasar.

Hal ini juga akan membantu Anda dalam membangun dasar yang kuat untuk strategi pemasaran yang lebih efektif dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga: Customer Validation: Pengertian dan Cara Efektif Menerapkannya

Peran Penting Customer Discovery

Peran Penting Customer Discovery

ilustrasi customer discovery. source envato

Customer discovery memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis yang sukses. Nah, berikut ini adalah beberapa peran penting dari customer discovery:

1. Mengidentifikasi Kebutuhan Pasar secara Tepat

Customer discovery akan membantu Anda dalam memahami secara lebih baik tentang kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh calon pelanggan.

Dengan melakukan interaksi langsung dan mendalam dengan target pasar, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan yang paling mendesak dan relevan yang perlu dipecahkan.

2. Mengurangi Risiko Pengembangan Produk

Dengan memulai dengan customer discovery, Anda dapat meminimalisir risiko mengembangkan produk yang tidak diinginkan oleh pasar.

Dengan memahami apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan potensial, maka Anda mampu mengembangkan produk yang lebih tepat sasaran.

3. Membangun Produk yang Lebih Relevan

Informasi yang diperoleh dari customer discovery akan membantu Anda untuk membangun produk atau layanan yang lebih relevan dan bernilai bagi pelanggan.

Dengan memahami secara mendalam siapa pelanggan potensial Anda dan apa yang mereka butuhkan, Anda dapat menghasilkan solusi yang lebih baik dengan keinginan pasar.

4. Mendukung Strategi Pemasaran yang Lebih Efektif

Customer discovery akan memberikan informasi penting untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Dengan mengetahui siapa target pasar Anda dan masalah apa yang ingin mereka pecahkan, Anda dapat merancang pesan dan kampanye pemasaran yang lebih tepat dan menarik.

5. Mendorong Inovasi Berkelanjutan

Melalui customer discovery, Anda dapat terus berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami perubahan dalam kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk terus mengembangkan produk atau layanan yang inovatif dan relevan seiring berjalannya waktu.

6. Mempercepat Penetrasi Pasar

Dengan memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar dan pelanggan potensial, Anda dapat mempercepat penetrasi pasar.

Sehingga, Anda dapat menghadirkan produk atau layanan yang tepat pada saat yang tepat dalam membantu memenangkan persaingan dan menghasilkan perkembangan yang lebih cepat.

Sehingga, customer discovery bukan hanya tentang tahap awal dalam pengembangan produk, tetapi juga merupakan investasi yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini akan membantu Anda dalam memastikan bahwa Anda fokus dalam memecahkan masalah yang nyata dan memberikan nilai yang besar bagi pelanggan, sehingga mampu membangun dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

Baca juga: Customer Creation: Pengertian dan Strategi Menerapkannya

Cara Menerapkan Customer Discovery

Cara Menerapkan Customer Discovery

ilustrasi customer discovery. source envato

Menerapkan customer discovery membutuhkan serangkaian langkah yang sistematis untuk memahami pelanggan potensial Anda secara mendalam.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan customer discovery dalam pengembangan bisnis Anda:

1. Tentukan Tujuan dan Hipotesis Awal

Mulailah dengan merumuskan tujuan yang jelas untuk customer discovery. Misalnya, Anda ingin memahami masalah utama yang dihadapi oleh calon pelanggan dalam domain tertentu.

Buatlah hipotesis awal tentang siapa pelanggan potensial Anda, apa masalah mereka, dan solusi apa yang dapat membantu mereka.

2. Identifikasi Persona Pelanggan

Gambarkanlah secara detail karakteristik demografis, preferensi, kebutuhan, dan tantangan yang dihadapi oleh pelanggan ideal Anda.

Gunakanlah data dan penelitian pasar yang ada untuk membantu membangun gambaran yang akurat tentang persona pelanggan.

3. Buat Daftar Pertanyaan Terbuka

Siapkanlah daftar pertanyaan terbuka yang akan membantu Anda dalam menggali informasi dari pelanggan potensial. Pastikan pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat eksploratif dan mengarah pada pemahaman yang mendalam tentang masalah dan kebutuhan mereka.

4. Lakukan Wawancara atau Survei Mendalam

Berinteraksilah secara langsung dengan calon pelanggan melalui wawancara satu lawan satu atau survei yang terstruktur.

Fokuslah pada mendengarkan dengan baik dan mengajukan pertanyaan yang relevan untuk menggali informasi yang dibutuhkan.

5. Catat dan Analisis Informasi

Selama sesi wawancara dilakukan, catatlah informasi yang diperoleh dengan seksama. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tindak lanjut untuk memperjelas pemahaman Anda.

Setelah wawancara selesai, analisislah data yang terkumpul untuk mengidentifikasi pola, tren, dan temuan utama Anda.

6. Verifikasi dan Uji Hipotesis

Gunakanlah data yang Anda peroleh untuk memverifikasi atau menyanggah hipotesis awal Anda tentang pelanggan dan masalah yang dihadapi.

Jika perlu, lakukanlah iterasi pada hipotesis Anda berdasarkan temuan dari customer discovery.

7. Buat Prototipe atau MVP (Minimum Viable Product)

Berdasarkan informasi dari customer discovery, buatlah prototipe atau MVP produk atau layanan Anda.

Gunakanlah prototipe ini untuk mendapatkan feedback lebih lanjut dari pelanggan potensial dan validasi lebih lanjut terhadap solusi yang Anda tawarkan.

8. Lanjutkan Iterasi dan Pengembangan

Teruslah berinteraksi dengan pelanggan potensial Anda secara teratur untuk mengumpulkan feedback dan melakukan iterasi pada produk atau layanan Anda.

Gunakanlah informasi yang terus berkembang dari customer discovery untuk membimbing pengambilan keputusan dalam mengembangkan produk dan strategi bisnis.

9. Terapkanlah Pengetahuan dalam Strategi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis

Gunakanlah hasil dari customer discovery untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan pengambilan keputusan strategis lainnya.

Teruslah untuk memperdalam pemahaman Anda tentang pelanggan untuk mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Anda.

Dengan menerapkan customer discovery secara komprehensif, Anda dapat membangun dasar yang kuat untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga akan meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda dalam jangka waktu panjang.

Baca juga: Customer Delight: Pengertian, Peran dan Cara Menerapkannya

Penutup

Dalam menerapkan customer discovery, kesimpulan utamanya adalah pentingnya memahami pelanggan potensial secara mendalam sebelum mengembangkan produk atau layanan Anda.

Proses ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi dengan tepat siapa pelanggan Anda, apa masalah yang mereka hadapi, dan bagaimana solusi yang Anda tawarkan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan melakukan interaksi langsung, seperti wawancara atau survei yang mendalam, Anda dapat mengumpulkan informasi berharga tentang preferensi, tantangan, dan harapan pelanggan.

Hasil dari customer discovery akan membantu Anda dalam mengurangi risiko pengembangan produk yang tidak sesuai dengan pasar atau tidak diminati oleh pelanggan.

Melalui proses ini, Anda dapat membangun produk yang lebih relevan dan bernilai bagi pelanggan, serta merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

Customer discovery juga memungkinkan Anda untuk terus beradaptasi dengan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dan lingkungan pasar, sehingga mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Dengan demikian, customer discovery bukan hanya sekadar langkah awal, tetapi merupakan fondasi penting untuk kesuksesan bisnis jangka panjang.

Dengan memahami dan mengutamakan kebutuhan pelanggan, Anda dapat membangun produk yang tepat sasaran dan memenangkan kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

Nah, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda bisa memercayakannya pada Bliss.

Aplikasi loyalty program ini akan membuat para pelanggan Anda menjadi lebih senang, meningkatkan retensi pembelian, dan lain sebagainya yang pada akhirnya mampu meningkatkan volume penjualan Anda.

Lebih dari itu, Bliss juga bisa mengirimkan pesan promosi kepada pelanggan Anda, sehingga akan meningkatkan hubungan emosional antara Anda dengan pelanggan.

Buktikan sendiri manfaatnya dengan mencoba Bliss sekarang juga dengan klik tautan ini.

Referensi:

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda