7 Cara Efektif Membuat Brand Essence dan Manfaatnya

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Jul 12, 2024 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam dunia bisnis, membangun brand yang kuat adalah sebuah kewajiban. Brand essence atau inti dari identitas sebuah perusahaan menjadi sangat penting dalam menentukan bagaimana sebuah brand bisa melekat di benak konsumen.

Dengan memahami brand essence secara mendalam, Anda tidak hanya bisa menciptakan hubungan yang kuat dengan audiens tapi juga membedakan diri Anda dari para kompetitor di luar sana.

Tapi, apa sebenarnya brand essence itu? Bagaimana cara menerapkannya ke dalam bisnis? Apa saja manfaat menerapkannya? Baca terus artikel di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya,

 

Apa itu brand essence?

Apa itu brand essence?

ilustrasi brand essence. source envato

Katrina Kirsch dalam laman Hubspot menjelaskan bahwa brand essence adalah inti dari identitas sebuah merek atau brand. Brand essence adalah ekspresi yang sangat terintegrasi dari nilai-nilai utama, tujuan, visi, dan misi suatu perusahaan atau produk.

Brand essence akan sangat mencerminkan esensi dari apa yang membuat brand tersebut unik, relevan, dan bernilai bagi konsumen.

Dalam sebagain besar kasus, brand essence diwujudkan dalam bentuk kalimat singkat atau frase yang dapat merangkum secara komprehensif karakter dan tujuan dari sebuah brand.

Jadi, brand essence tidak hanya akan membantu Anda dalam membedakan brand Anda dengan kompetitor di luar sana, tetapi juga membantu membuat strategi pemasaran, komunikasi, dan mengambil keputusan bisnis lainnya secara konsisten dengan nilai-nilai inti yang dimiliki oleh brand Anda.

Baca juga: 5 Peran penting brand trust dan cara memperkuatnya

 

Manfaat membuat brand essence

Brand essence menawarkan berbagai manfaat yang besar untuk bisnis Anda, beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Mengarahkan identitas dan konsistensi

Brand essence akan membantu Anda untuk mengarahkan brand identity dengan menetapkan nilai-nilai utama, visi, dan misi yang menjadi fondasi penting dalam setiap keputusan strategis.

Hal tersebut memastikan bahwa semua aktivitas pemasaran dan komunikasi mampu menggambarkan karakter unik dan tujuan dari brand Anda.

2. Diferensiasi dari kompetitor

Dalam lingkungan pasar yang penuh dengan persaingan ketat, brand essence memungkinkan brand Anda agar bisa tampil beda dari kompetitor di luar sana.

Hal tersebut akan membantu Anda agar tampil lebih unik dan mampu memberikan nilai tambah yang Anda miliki, yang mana hal tersebut memungkinkan pelanggan untuk memilih brand Anda atas dasar nilai-nilai dan karakteristik yang sudah Anda tekankan.

3. Membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan

Dengan memiliki brand essence yang jelas dan terdefinisi baik, Anda bisa menjalin hubungan yang lebih erat dengan konsumen.

Mereka akan cenderung lebih setia terhadap brand yang mereka anggap mampu mencerminkan nilai-nilai atau tujuan yang sejalan dengan yang mereka yakini.

4. Memandu inovasi dan pengembangan produk

Brand essence tidak hanya relevan dalam konteks pemasaran, tetapi juga dapat memandu Anda dalam membuat inovasi produk.

Hal tersebut akan membantu Anda dalam mengembangkan produk atau layanan secara konsisten dengan identitas dan nilai-nilai utama brand Anda, sehingga mampu menciptakan pengalaman yang kohesif bagi konsumen.

5. Pengaruh positif terhadap kinerja bisnis

Merek dengan brand essence yang kuat akan cenderung memiliki performa bisnis yang lebih baik.

Merek yang konsisten dalam menyampaikan nilai-nilai utamanya kepada pelanggan biasanya akan mengalami peningkatan dalam hal preferensi merek, pangsa pasar, dan keuntungan.

Secara keseluruhan, brand essence adalah dasar dari strategi pemasaran serta panduan yang baik bagi seluruh organisasi bisnis dalam menjaga konsistensi, diferensiasi, dan kesuksesan jangka panjang.

Baca juga: 7 Peran penting data pelanggan dan cara mengelolanya

 

Cara membuat brand essence

Cara membuat brand essence

ilustrasi brand essence. source envato

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda