Apa itu Influencer? Ini Pengertian, Fungsi dan Cara Mencarinya

oleh | Mar 20, 2024 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam era digital yang dipenuhi dengan konten-konten yang terus berdatangan, influencer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari bahasa kita sehari-hari. Namun, apa itu influencer? Apakah mereka hanya sosok-sosok terkenal di media sosial yang memamerkan gaya hidup glamor mereka, ataukah ada lebih dari itu?

Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang apa itu influencer di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Influencer?

Apa itu Influencer?

ilustrasi apa itu influencer. source envato

Berdasarkan laman Sprout Social, influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi perilaku, preferensi, atau opini orang lain, terutama dalam hal pembelian produk atau layanan, melalui kehadiran dan aktivitas mereka di media sosial dan platform online lainnya.

Mereka biasanya memiliki jumlah pengikut yang besar dan berinteraksi secara aktif dengan audiens mereka melalui konten yang mereka bagikan, seperti postingan, video, atau ulasan.

Influencer bisa berasal dari berbagai latar belakang dan memiliki minat yang beragam, termasuk fashion, kecantikan, makanan, perjalanan, teknologi, dan banyak lagi. Mereka membangun reputasi dan otoritas di bidang mereka dengan konsistensi, keaslian, dan kualitas konten yang mereka produksi.

Bagi brand, bekerja sama dengan influencer bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau target pasar yang relevan, dan memperoleh kepercayaan konsumen melalui rekomendasi yang bersifat personal dari para influencer.

Baca juga: Strategi Winback: Pengertian Fungsi dan Cara Menerapkannya

Fungsi Influencer Untuk Bisnis

Fungsi Influencer Untuk Bisnis

ilustrasi apa itu influencer. source envato

Influencer memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi bisnis, yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Berkolaborasi dengan influencer memungkinkan Anda untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan. Postingan, video, atau ulasan dari influencer dapat membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness di antara pengikut yang potensial.

2. Membangun Kepercayaan

Karena influencer telah menjalin hubungan yang erat dengan pengikutnya, maka merekomendasikan produk atau layanan tertentu oleh influencer dapat membantu membangun kepercayaan konsumen. Hal ini dikarena para pengikut cenderung melihat influencer sebagai sumber tepercaya untuk informasi dan saran.

3. Menghasilkan Konten yang Menarik

Kerjasama dengan influencer membantu bisnis dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan. Konten yang dibuat oleh influencer seringkali lebih autentik dan bisa menarik perhatian audiens dengan cara yang tidak terlalu ‘iklan’.

4. Meningkatkan Keterlibatan

Dengan memanfaatkan pengikut aktif influencer, Anda dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan brand Anda. Melalui komentar, like, atau berbagi konten yang diposting oleh influencer, konsumen terlibat secara lebih intensif dengan brand.

5. Menghasilkan Konversi yang Lebih Tinggi

Rekomendasi produk atau layanan yang dilakukan influencer dapat mendorong pengikutnya untuk melakukan tindakan pembelian. Pengaruh yang dimiliki oleh influencer dapat meningkatkan konversi karena pengikutnya cenderung mempercayai saran yang diberikan.

Secara keseluruhan, influencer memiliki peran yang sangat signifikan dalam strategi pemasaran bisnis modern, membantu meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan, dan mendorong konversi.

Baca juga: Pengertian House Ambassador dan Perbedannya dengan Global Ambassador

Cara Tepat Mencari Influencer Untuk Bisnis

Cara Tepat Mencari Influencer Untuk Bisnis

ilustrasi apa itu influencer. source envato

Mencari influencer yang tepat untuk bisnis Anda membutuhkan pendekatan yang cermat dan strategis. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Tentukan Tujuan Kampanye

Sebelum mencari influencer, tentukan tujuan kampanye pemasaran Anda dengan jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan keterlibatan? Mengetahui tujuan Anda akan membantu Anda menentukan jenis influencer yang tepat untuk kolaborasi.

2. Identifikasi Audiens Target

Kenali siapa audiens target Anda. Siapa yang Anda inginkan untuk mencapai? Apakah mereka berusia muda, berdomisil di suatu wilayah tertentu, memiliki minat khusus? Dengan mengetahui siapa yang Anda targetkan, Anda dapat mencari influencer yang memiliki audiens yang sesuai.

3. Lakukan Riset Influencer

Gunakanlah platform pencarian influencer seperti Instagram, YouTube, atau platform khusus influencer untuk menemukan kandidat-kandidat potensial. Anda juga dapat mencari influencer yang sudah terkenal dalam industri Anda atau yang memiliki minat yang relevan dengan brand Anda.

4. Evaluasi Kredibilitas dan Relevansi

Saat mencari influencer, pastikan untuk mengevaluasi kredibilitas dan relevansinya. Tinjau kualitas konten yang diposting, tingkat interaksi dengan pengikut, serta apakah nilai-nilai dan citra influencer tersebut sesuai dengan brand Anda.

5. Lakukan Analisis Kinerja

Periksa statistik performa influencer seperti jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, demografi pengikut, dan sebagainya. Anda juga dapat meminta data tentang performa kampanye sebelumnya yang mereka lakukan.

6. Jalin Komunikasi

Setelah mengidentifikasi influencer potensial, jalinlah komunikasi dengan mereka. Sampaikan dengan jelas tujuan kampanye Anda, tawarkan kolaborasi yang saling menguntungkan, dan diskusikan detail kerjasama termasuk pembayaran, jadwal posting, dan konten yang akan dibuat.

7. Monitor dan Evaluasi

Setelah kampanye dimulai, pastikan untuk terus memonitor performa dan interaksi dengan konten yang diposting. Lakukan evaluasi terhadap hasil kampanye dan lihat apakah tujuan Anda tercapai.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara cermat, Anda dapat menemukan influencer yang tepat untuk membantu meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran bisnis Anda.

Baca juga: Pengertian Referral Marketing, Kelebihan dan Strategi Menjalankannya

Kesimpulan

Mencari influencer yang tepat untuk bisnis merupakan langkah penting dalam strategi pemasaran digital yang efektif.

Jadi proses pencarian influencer yang berhasil melibatkan langkah-langkah seperti menentukan tujuan kampanye, mengidentifikasi audiens target, melakukan riset influencer, mengevaluasi kredibilitas dan relevansi, menganalisis kinerja, menjalin komunikasi, serta memonitor dan mengevaluasi hasil kampanye.

Dengan pendekatan yang cermat dan strategis, Anda dapat menemukan influencer yang cocok dengan brand Anda, membangun hubungan yang saling menguntungkan, dan mencapai tujuan pemasaran yang ditetapkan.

Kerjasama dengan influencer yang tepat tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness dan keterlibatan konsumen, tetapi juga dapat menghasilkan konversi yang lebih tinggi dan memperkuat posisi bisnis di pasar.

Oleh karena itu, memilih influencer dengan bijak adalah langkah penting dalam mencapai kesuksesan dalam pemasaran digital. Namun, untuk meningkatkan retensi pembelian secara efektif, Anda bisa menerapkan program loyalitas pelanggan dengan menggunakan aplikasi Bliss.

Bliss adalah aplikasi loyalitas pelanggan yang akan membantu Anda dalam mengelola poin reward pelanggan secara menyeluruh, mengirim pesan promosi ke member pelanggan terpilih Anda, hingga mengintegrasikannya dengan Accurate Online dan Accurate POS.

Jadi tunggu apa lagi? Bergabunglah menjadi beta user Bliss sekarang juga dengan mengisi form yang terdapat pada link ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda