Top-of-Mind Awareness: Manfaat dan Cara Mencapainya

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Jan 7, 2025 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Pernahkah Anda membayangkan brand bisnis Anda langsung muncul di pikiran konsumen saat mereka membutuhkan produk tertentu? Seperti menyebut smartphone langsung teringat iPhone, atau instant noodle langsung terbayang Indomie.

Fenomena tersebut disebut dengan top-of-mind awareness, yaitu sebuah kondisi dimana brand Anda menduduki posisi teratas dalam ingatan konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bersama bagaimana cara menciptakan brand awareness hingga mencapai level tertinggi.

Kita juga akan mempelajari teknik-teknik marketing terbaru dan contoh sukses dari berbagai merek terkemuka. Simak terus untuk mengetahui cara mendapatkan posisi istimewa di benak target market Anda!

Apa itu top-of-mind awareness?

Top-of-mind awareness (TOMA) merupakan kemampuan sebuah brand untuk muncul pertama kali di dalam ingatan konsumen saat memikirkan kategori produk tertentu.

Dalam dunia marketing, TOMA menjadi indikator kekuatan brand Anda di pasar. Saat konsumen diminta menyebutkan brand dalam kategori tertentu, nama brand Anda akan spontan disebutkan pertama kali, yang mana hal tersebut menunjukkan posisi dominan Anda dalam benak mereka.

Sebagai contoh, ketika seseorang memikirkan minuman bersoda, merek Coca-Cola sering kali muncul pertama di pikiran mereka. Sama halnya saat mencari informasi, banyak orang langsung teringat Google sebagai mesin pencari utama.

Menurut studi dari Nielsen Consumer Research, brand dengan TOMA yang tinggi memiliki peluang 50% lebih besar dipilih konsumen saat melakukan pembelian.

Baca juga: Strategi Efektif dan Praktis Meningkatkan Brand Awareness

Keunggulan memiliki top-of-mind awareness

1. Mendominasi keputusan pembelian

Brand Anda akan menjadi pilihan pertama konsumen saat memutuskan membeli produk pada kategori tertentu.

Ketika konsumen membutuhkan solusi yang cepat, mereka cenderung akan memilih brand yang paling diingat tanpa membandingkannya dengan kompetitor lain.

Seperti saat haus dan ingin membeli minuman isotonik, konsumen Indonesia biasanya langsung mencari Pocari Sweat.

2. Meminimalisi biaya marketing

Top-of-mind awareness akan membantu Anda dalam menghemat anggaran pemasaran. Posisi teratas di benak konsumen akan membuat brand Anda mendapatkan free publicity melalui rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth).

Konsumen yang loyal secara natural cenderung akan mempromosikan brand Anda kepada lingkungan sekitarnya.

3. Memperkuat posisi market leader

Sebagai brand teratas di ingatan konsumen, Anda memiliki keuntungan mendikte arah pasar. Contohnya Gojek berhasil menciptakan standar layanan transportasi online di Indonesia karena posisinya sebagai top-of-mind di kategori tersebut.

4. Memudahkan peluncuran produk maru

Brand extension menjadi lebih mudah karena konsumen sudah memiliki kepercayaan yang tinggi pada brand Anda. Samsung berhasil mengembangkan berbagai lini produk elektronik berkat kekuatan brand awareness mereka di kategori teknologi.

5. Meningkatkan brand loyalty

Konsumen akan lebih cenderung membentuk ikatan emosional dengan brand favorit mereka.

Top-of-mind awareness akan membantu menciptakan kesetiaan dalam jangka panjang, mendorong pembelian berulang, dan menjadikan konsumen sebagai brand advocate untuk brand Anda.

Baca juga: Brand Visibility: Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness

Cara mencapai top-of-mind awareness

1. Konsistensi brand message

Membangun brand message secara terus-menerus akan membantu Anda dalam menciptakan memori yang kuat di benak konsumen.

Untuk itu, Anda harus menyampaikan pesan melalui berbagai channel komunikasi dengan gaya bahasa seragam. Apple selalu menekankan inovasi dan desain minimalis dalam setiap komunikasi mereka.

2. Keunikan brand identity

Membuat brand identity yang berbeda dari kompetitor akan memudahkan konsumen mengingat Anda.

Logo, warna, dan elemen visual lain perlu dirancang secara mencolok namun mudah diingat. Contohnya Pertamina berhasil menciptakan identitas yang kuat melalui warna hijau-biru khasnya.

3. Konsistensi customer experience

Memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa di setiap titik interaksi akan mampu memperkuat ingatan positif terhadap brand Anda. Starbucks sukses menciptakan top-of-mind awareness melalui layanan yang ramah dan suasana kedai kopi yang menyenangkan.

4. Content marketing berkualitas

Memproduksi konten yang bermanfaat secara rutin akan membantu brand Anda dikenali sebagai ahli di bidangnya. Tokopedia rajin membuat artikel edukasi tentang bisnis online, yang menjadikan mereka rujukan utama informasi e-commerce.

5. Engagement media sosial

Membangun interaksi aktif dengan followers di media sosial akan mampu meningkatkan kedekatan emosional. BCA sering membagikan tips finansial dan merespons komentar pelanggan dengan cepat, sehingga sukses menciptakan persepsi bank yang terpercaya.

6. Kolaborasi strategic partnership

Menjalin kerja sama dengan brand terkenal lain akan mampu memperluas jangkauan awareness Anda. GoFood bermitra dengan berbagai restoran populer, yang mana hal tersebut memperkuat posisinya sebagai layanan pesan antar makanan terdepan.

7. Program customer loyalty

Membuat program loyalitas yang menarik akan mendorong konsumen untuk terus mengingat dan menggunakan brand Anda. Telkomsel Poin sukses mempertahankan pelanggannya melalui sistem reward yang menguntungkan.

Baca juga: Buzzer Marketing: Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat

Penutup

Membangun Top-of-Mind Awareness membutuhkan pendekatan yang menyeluruh dalam mengelola brand. Melalui konsistensi pesan, keunikan identitas, sampai pengalaman pelanggan, semua aspek tersebut perlu diperhatikan agar brand Anda selalu diingat konsumen.

Memanfaatkan content marketing yang bermutu dan engagement media sosial juga memegang peran penting dalam memperkuat posisi brand di benak masyarakat.

Program loyalitas pelanggan menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun brand awareness. Bicara soal program loyalitas, Bliss hadir sebagai solusi tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Platform customer loyalty dari Bliss menawarkan sistem reward points yang fleksibel, birthday rewards, dan program rujukan menarik untuk pelanggan setia Anda.

Bliss memahami pentingnya mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Melalui fitur-fitur canggih seperti personalized campaignsautomated messaging, dan analisis perilaku pelanggan, Bliss akan membantu Anda menciptakan pengalaman berbelanja yang mengesankan.

Tertarik mencoba Bliss? Kabar baik! Sekarang Anda bisa mencoba semua fitur premium Bliss secara gratis hanya dengan klik link ini sekarang juga.

Referensi:

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda