TikTok Ads: Pengertian, Jenis, dan Strategi Ampuhnya

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Mar 5, 2025 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Apakah Anda sudah mengenal TikTok Ads sebagai salah satu sarana beriklan paling efektif saat ini?

TikTok Ads merupakan platform periklanan berbayar yang disediakan oleh TikTok untuk memungkinkan brand atau bisnis mempromosikan produk mereka kepada ratusan juta pengguna aktif bulanan.

Dalam era digital seperti sekarang, kehadiran bisnis Anda di platform video pendek tersebut bisa menjadi pembeda utama dalam menjangkau target pasar, terutama generasi muda.

Fitur periklanan TikTok menawarkan berbagai format kreatif dan interaktif, sehingga memungkinkan Anda untuk terhubung dengan calon pelanggan melalui konten yang menarik.

Lalu, ada berapa jenis-jenis TikTok Ads tersebut? Apa saja tips efektif untuk mengoptimalkan campaign iklan di TikTok Ads? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai!

Apa itu TikTok Ads?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, TikTok Ads adalah platform periklanan berbayar yang disediakan oleh TikTok untuk memungkinkan brand atau bisnis mempromosikan produk mereka kepada ratusan juta pengguna aktif bulanan.

Sebagai fitur resmi dari aplikasi TikTok, layanan iklan ini akan membantu Anda menjangkau target audiens spesifik berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna.

Pada dasarnya, TikTok Ads adalah konten promosi yang dibayar oleh bisnis atau pembuat konten untuk dijalankan di platform TikTok dengan tujuan tertentu.

Sistem periklanan ini menyediakan berbagai fitur penting seperti targeting, ad creation, insight report, dan ad management untuk para creator.

Melalui TikTok Ads, Anda dapat membuat campaign yang bisa disesuaikan dengan tujuan spesifik bisnis Anda, seperti meningkatkan brand awareness atau mendapatkan lebih banyak followers.

TikTok Ads menawarkan dua opsi budgeting, yaitu harian (daily) dan seumur hidup (lifetime), sehingga menjadikan anggaran periklanan Anda lebih fleksibel.

Platform ini juga dilengkapi dengan sistem pengiriman iklan bertenaga AI untuk mengoptimalkan kinerja campaign Anda.

Teknologi pembelajaran mesin canggih tersebut akan menganalisis perilaku pengguna, preferensi, dan interaksi secara real-time, sehingga akan memastikan iklan Anda ditampilkan kepada pengguna yang paling mungkin tertarik dan terlibat dengan konten Anda.

Dengan tingkat keterlibatan mencapai 17,5% (jauh lebih tinggi dibanding Instagram 3,5% dan Facebook 1,7%), TikTok Ads menjadi pilihan efektif untuk menjangkau audiens digital masa kini.

Baca juga: LinkedIn Ads: Pengertian, Keunggulan, dan Strateginya

Jenis-jenis TikTok Ads untuk strategi digital bisnis Anda

TikTok Ads menawarkan berbagai format iklan menarik untuk membantu Anda mempromosikan bisnis secara efektif. Platform periklanan ini memiliki beragam pilihan sesuai dengan kebutuhan campaign Anda.

Berikut ini adalah berbagai jenis iklan tersebut:

1. In-Feed Ads

Format iklan standar TikTok berbentuk video akan muncul di antara konten di feed pengguna.

Iklan ini dirancang agar tidak mengganggu tampilan dan terlihat seperti konten organik di FYP. Durasi optimal untuk In-Feed Ads adalah 9-15 detik dengan tulisan “promoted” sebagai penanda iklan.

Format ini sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness dan jumlah download.

2. TopView Ads

Iklan TopView akan muncul di urutan paling atas saat pengguna pertama kali membuka aplikasi TikTok. Dengan durasinya yang mencapai 60 detik, iklan ini mampu memberikan visibilitas yang maksimal karena menjadi konten pertama yang dilihat pengguna.

Format full screen membuat TopView Ads menjadi pilihan favorit para advertiser.

3. Branded Hashtag Challenge

Format iklan ini akan mengajak audiens melakukan tantangan kreatif berbasis hashtag.

Anda dapat membuat tantangan khusus yang terhubung dengan pesan bisnis untuk memperluas jangkauan brand dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

4. Branded Effects

TikTok Ads juga menawarkan filter atau efek khusus untuk pembuatan konten iklan. Format ini memungkinkan interaksi yang lebih personal dengan audiens dan menciptakan pengalaman imersif bagi pengguna.

5. Carousel Ads

Format iklan ini hadir dalam beberapa gambar berurutan atau video dalam satu iklan. Pengguna dapat menggeser ke samping untuk melihat konten lainnya, sehingga sangat cocok untuk campaign yang menampilkan lebih dari satu produk.

Baca juga: Influencer Marketing: Strategi Ampuh Boost Brand Anda!

Cara efektif menjalankan TikTok Ads

TikTok Ads menawarkan peluang besar untuk memperluas jangkauan bisnis Anda di platform video pendek yang paling diminati saat ini. Berikut ini adalah cara efektif dalam menjalankan TikTok Ads:

1. Membuat akun TikTok Ads Manager

Langkah pertama untuk menjalankan TikTok Ads adalah membuat akun di TikTok Ads Manager.

Platform ini akan menjadi pusat pengelolaan semua campaign iklan Anda. Pastikan untuk melengkapi semua informasi bisnis dengan akurat agar proses verifikasi berjalan lancar.

2. Menentukan tujuan campaign

Sebelum mulai beriklan, tentukanlah tujuan campaign Anda dengan jelas.

TikTok Ads menawarkan berbagai pilihan objektif seperti meningkatkan brand awareness, mendapatkan lebih banyak traffic, atau meningkatkan konversi.

Tujuan campaign ini akan memengaruhi format iklan dan strategi penargetan Anda.

3. Mengatur budgering secara tepat

TikTok Ads menyediakan dua opsi pengaturan budget, yaitu Ad Group Budget Optimization (ABO) dan Campaign Budget Optimization (CBO).

Untuk ABO, TikTok menetapkan minimum budget sebesar Rp200.000 per hari, sedangkan CBO membutuhkan minimal Rp500.000 per hari.

CBO akan mengalokasikan budgeting Anda secara otomatis ke ad group dengan performa terbaik untuk mencapai biaya per konversi paling efisien.

4. Membuat konten iklan yang menarik

Konten iklan merupakan faktor penentu keberhasilan campaign TikTok Ads.

Gunakanlah visual yang dinamis, ceritakan kisah yang relevan dengan audiens Anda, dan tambahkan Call-to-Action (CTA) yang jelas untuk meningkatkan engagement.

Manfaatkanlah tren musik dan format video kreatif agar iklan Anda terasa alami di platform tersebut.

5. Memantau dan mengoptimalkan campaign

Setelah campaign berjalan, lakukanlah monitoring performa secara rutin. Lakukan juga penyesuaian budget jika diperlukan dan manfaatkanlah fitur optimasi budget untuk mengalokasikan dana secara efektif.

Tunggu minimal 2 hari sebelum mengubah penargetan, bid, atau anggaran agar campaign Anda memiliki waktu penyesuaian yang cukup.

6. Melakukan A/B Testing

Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah A/B testing pada berbagai elemen iklan Anda seperti caption, format video, dan penargetan.

Metode ini akan membantu Anda menemukan kombinasi yang paling efektif untuk campaign TikTok Ads.

Dengan strategi yang tepat dan konsistensi, TikTok Ads dapat menjadi alat efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Baca juga: Social Media Marketing: Pengertian dan Strategi Ampuhnya

Penutup

TikTok Ads menawarkan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Platform periklanan ini memiliki basis pengguna besar dan aktif, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif bulanan per April 2024.

Pengguna TikTok rata-rata menghabiskan 52 menit sehari di aplikasi, sehingga bisa menciptakan peluang yang besar untuk menjangkau audiens potensial.

Keunggulan TikTok Ads terletak pada engagement rate yang mencapai 17,5%, jauh melampaui Instagram (3,5%) dan Facebook (1,7%).

Format iklan yang kreatif dan interaktif seperti video shopping ads dan hashtag challenges akan membantu meningkatkan brand awareness Anda.

Fitur penargetan yang presisi juga memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan jenis perangkat.

Sistem pengiriman iklan bertenaga AI pun siap mengoptimalkan kinerja campaign dengan menganalisis perilaku pengguna secara real-time.

Berbicara tentang mempertahankan pelanggan, Bliss hadir sebagai solusi lengkap untuk program loyalitas pelanggan.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola membership digital, meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Terintegrasi dengan produk Accurate, Bliss memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan dan menukar poin reward dengan nyaman.

Jadilah pebisnis cerdas! Sambil mengoptimalkan TikTok Ads untuk menarik pelanggan baru, gunakan Bliss untuk memastikan mereka kembali berulang kali.

Mulai tingkatkan loyalitas pelanggan Anda dan Coba Bliss secara gratis sekarang juga di sini!

Referensi:

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda