Pernahkah Anda merasa bingung waktu ingin membeli sesuatu? Tenang, karena itu adalah hal yang wajar. Terkadang, proses pengambilan keputusan konsumen memang sangat memusingkan.
Tapi jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara mendalam tentang berbagai proses pengambilan keputusan konsumen.
Pengertian proses pengambilan keputusan konsumen
Proses pengembalian keputusan konsumen pada dasarnya adalah serangkaian langkah yang Anda lalui sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sesuatu.
Nah, menurut jurnal Fokus Bisnis, proses ini terdiri dari beberapa tahapan penting. Mulai dari konsumen yang merasa membutuhkan sesuatu, mencari informasi, sampe akhirnya checkout.
Menurut Youtap, proses tersebut sangat penting untuk perusahaan. Kenapa? Karena dengan memahami proses ini, Anda bisa bantu pelanggan untuk mengambil keputusan yang bijak dan memberikan info yang lebih jelas.
Baca juga: 10 Indikator kepuasan pelanggan dan cara mudah menghitungnya
Apa saja proses yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen?
1. Pengenalan kebutuhan
Ini adalah momen “aha!” pelanggan. Tiba-tiba pelanggan akan sadar, “sepertinya saya membutuhkan ini” Bisa jadi karena HP lama sudah tidak beroperasi secara optimal, atau baju kerja sudah kumal. Intinya, di tahap ini pelanggan mulai merasa ada yang kurang dalam hidup.
2. Mencari informasi
Nah, setelah mengetahui apa dibutuhkan, pelanggan akan mulai mencari informasi, stalking review produk, atau bertanya ke teman-temannya. Intinya, pelanggan akan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi agar tidak salah pilih.
3. Evaluasi alternatif
Sekarang pelanggan sudah memiliki daftar calon produk dan mereka akan mulai membandingkannya satu sama lain. Mereka akan membandingkan harga, kualitas, fitur, bahkan hingga after-sales service-nya. Pokoknya, di tahap ini pelanggan akan menjadi juri yang adil untuk semua pilihan.
4. Keputusan pembelian
Akhirnya, setelah pusing berpikir, pelanggan akan memutuskan pembeliannya. Namun, terkadang ada faktor lain yang bisa bikin pelanggan berubah pikiran di detik-detik terakhir. Misalnya, tiba-tiba ada diskon besar di produk lain, atau uangnya digunakan secara mendadak untuk kebutuhan lain.
5. Perilaku pasca pembelian
Nah, setelah membeli, pelanggan akan menilai produk Anda. Kalau puas, mereka akan jadi pelanggan setia. Tapi kalau kecewa, mereka akan beralih ke produk kompetitor.
Degan memahami proses di atas, Anda bisa membuat strategi marketing yang lebih jitu. Siapa tahu Anda bisa membuat produk Anda menjadi pilihan pertama pelanggan.
Baca juga: Mengenal 5 Jenis Pelanggan dan Cara Mengelolanya
Manfaat memahami proses pengambilan keputusan konsumen
1. Bikin strategi marketing jadi lebih jitu
Bayangkan saja kalau Anda mengetahui persis apa yang membuat pelanggan akhirnya memutuskan untuk membeli, Anda bisa membuat iklan yang lebih menyentuh.
Misalnya, kalau Anda mengetahui pelanggan suka banget baca review sebelum beli, Anda bisa fokus bikin konten testimoni yang kece. Jadi, marketing Anda tidak hanya asal tembak, tapi benar-benar tepat sasaran!
2. Improve product development
Nah, dengan paham proses ini, Anda bisa tahu apa sih yang sebenarnya dicari sama pelanggan. Jadi, pas bikin produk baru atau upgrade produk lama, Anda tidak hanya menebak-nebak, tapi bener-bener memberikan apa yang pelanggan butuhkan.
3. Tingkatin customer service
Kalau Anda mengetahui bagaimana pelanggan mikir dan apa yang mereka harapkan, Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik.
Misalnya, kalau Anda mengetahui banyak pelanggan yang suka banget riset sebelum beli, Anda bisa menyiapkan tim customer service yang siap menjawab semua pertanyaan mereka dengan detail.
4. Bikin branding lebih kuat
Dengan paham proses ini, Anda bisa bikin brand image yang lebih menyentuh hati pelanggan. Anda bisa mengetahui di tahap mana brand Anda bisa ‘nimbrung’ dalam proses pengambilan keputusan mereka.
Siapa tahu, brand Anda bisa jadi top of mind ketika pelanggan lagi butuh produk sejenis!
5. Prediksi tren pasar lebih akurat
Kalau Anda bisa lebih jeli dalam memerhatikan bagaimana pelanggan mengambil keputusan, Anda bisa lebih mudah dalam menebak tren pasar ke depannya. Jadi, Anda bisa selangkah lebih maju dari kompetitor.
6. Optimalkan budget marketing
Dengan mengetahui proses ini, Anda bisa lebih pintar dalam mengatur anggaran marketing. Anda bisa fokus pada channel yang memang efektif untuk sampai ke pelanggan. Jadi, Anda tidak membuang banyak uang kegiatan marketing yang tidak berguna.
7. Tingkatkan customer loyalty
Nah, ini adalah manfaat penting lainnya. Kalau Anda sudah paham tentang bagaimana pelanggan mengambil keputusan, Anda bisa membuat strategi yang bikin mereka tidak hanya beli sekali, tapi jadi pelanggan setia. Misalnya, dengan memberikan after-sales service yang baik atau program loyalty yang menarik.
8. Atasi Komplain dengan Lebih Baik
Terkadang, mau sebaik apapun produk kita, pasti akan ada saja pelanggan yang kurang puas. Nah, dengan memahami proses ini, Anda bisa lebih mudah dalam mengatasi komplain mereka. Anda bisa mengetahui di tahap mana mereka kecewa dan bagaimana cara mengatasinya.
9. Inovasi produk lebih tepat sasaran
Terakhir, dengan memahami proses ini, Anda bisa lebih percaya diri untuk menciptakan inovasi. Anda mengetahui persis apa yang pelanggan cari, jadi inovasi Anda tidak hanya luar biasa, tapi memang dibutuhkan oleh mereka.
Baca juga: 7 Peran penting data pelanggan dan cara mengelolanya
Penutup
Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pelanggan memiliki perjalanan panjangnya sendiri sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sesuatu. Mulai dari sadar akan butuh sesuatu, mencari info, bandingin pilihan, sampai akhirnya checkout.
Nah, sebagai pebisnis, Anda harus bisa memahami proses ini. Kenapa? Karena dengan begitu Anda bisa membuat strategi yang lebih jitu untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
Berbicara tentang mempertahankan pelanggan, Tahukah Anda tentang program loyalitas pelanggan dari Bliss? Program ini adalah program luar bisa yang bisa membantu Anda untuk mengerti dan melayani pelanggan secara lebih baik lagi.
Dengan Bliss, Anda bisa melacak perjalanan pelanggan Anda dari awal sampai akhir, lalu memberikan reward yang sesuai agar mereka mau kembali berbelanja lagi.
Penasaran kan? Ayo cobain Bliss sekarang juga! Gratis lho! Daftar sekarang dengan klik link ini dan jadikan bisnis Anda juara di hati pelanggan!
Referensi:
- (PDF) Proses Pengambilan Keputusan Konsumen | relly putri – Academia.edu
- Menilik 5 Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk – Istilah Ekonomi Katadata.co.id
- Definition and Examples of the Consumer Decision-Making Process | Lucidchart Blog
- Consumer Decision-Making Process: The 5 Key Stages