Relationship Marketing: Pengertian, Tujuan, Kelebihan, dan Strategi Unggulan

oleh | Mar 12, 2024 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam dunia bisnis yang semakin terhubung dan dinamis, relationship marketing telah menjadi sebuah dasar yang sangat penting bagi kesuksesan suatu perusahaan. 

Dengan pendekatan yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, relationship marketing telah membuka pintu untuk strategi yang lebih berkelanjutan dan efektif dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat.

Namun, apa itu relationship marketing? Apa tujuan dari dilakukannya pendekatan ini? Bagaimana cara menerapkannya ke dalam bisnis? Baca terus artikel tentang relationship marketing di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Relationship Marketing?

Apa itu Relationship Marketing?

ilustrasi relationship marketing. source envato

Relationship marketing adalah pendekatan pemasaran yang berfokus pada membangun hubungan jangka panjang, saling menguntungkan, dan bermakna antara perusahaan dan pelanggan, seperti yang dijelaskan dalam laman Wikipedia.

Relationship Marketing dilakukan agar bisa menciptakan ikatan yang kuat antara brand dan konsumen, memperkuat loyalitas pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan memperoleh rekomendasi pelanggan.

Menurut Philip Kotler, seorang ahli pemasaran terkemuka, relationship marketing adalah “proses membangun dan memelihara hubungan yang kuat, memuaskan, dan menguntungkan dengan pelanggan dan pihak lain yang penting.” 

Pendekatan ini mengakui bahwa pelanggan bukanlah sekadar transaksi pendapatan satu kali, tetapi merupakan aset jangka panjang yang berharga bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan. Kotler menekankan pentingnya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta memberikan layanan yang personal dan terfokus. 

Dia menekankan bahwa dalam relationship marketing, perusahaan berupaya untuk membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan dengan cara menyesuaikan produk, layanan, dan komunikasi mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan individu pelanggan.

Dengan kata lain, relationship marketing menempatkan fokus pada kualitas hubungan dan interaksi yang berkelanjutan antara perusahaan dan pelanggan, bukan sekadar transaksi bisnis. Hal ini membantu perusahaan memperoleh kepercayaan, loyalitas, dan dukungan jangka panjang dari pelanggan mereka.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Era Digital

Tujuan Relationship Marketing untuk Bisnis

Tujuan Relationship Marketing untuk Bisnis

ilustrasi relationship marketing. source envato

Tujuan dari relationship marketing adalah membangun hubungan yang kuat, berkelanjutan, dan saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan. Berikut ini adalah beberapa tujuan relationship marketing beserta penjelasannya:

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu tujuan utama dari relationship marketing adalah menciptakan loyalitas pelanggan yang tinggi. Dengan membangun hubungan yang erat dengan pelanggan, perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mengurangi churn rate.

2. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Relationship marketing bertujuan untuk meningkatkan retensi pelanggan dengan memperkuat ikatan antara perusahaan dan pelanggan. Ketika pelanggan merasa dihargai dan terhubung secara emosional dengan brand, mereka cenderung akan tetap setia dalam jangka panjang.

3. Menghasilkan Rekomendasi dan Referral

Dengan membangun hubungan yang positif dengan pelanggan, perusahaan dapat meraih rekomendasi dan referral dari pelanggan yang puas. Pelanggan yang merasa terhubung secara emosional dengan merek cenderung berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain.

4. Meningkatkan Nilai Pelanggan

Relationship marketing membantu meningkatkan nilai pelanggan dengan cara memperpanjang siklus hidup pelanggan dan mendorong pembelian berulang. Dengan memperkuat hubungan dengan pelanggan, perusahaan dapat mendorong pembelian tambahan dan meningkatkan nilai pelanggan dalam jangka panjang.

5. Memperkuat Brand Equity

Hubungan yang kuat dengan pelanggan membantu memperkuat ekuitas merek perusahaan. Pelanggan yang merasa terhubung secara emosional dengan merek cenderung memiliki persepsi yang lebih positif tentang brand dan lebih cenderung memilih brand tersebut dibandingkan dengan kompetitor.

Secara keseluruhan, tujuan dari relationship marketing adalah membangun hubungan yang kuat, memuaskan, dan saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Aplikasi Loyalty Program: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

5 Keunggulan menerapkan Relationship Marketing

5 Keunggulan menerapkan Relationship Marketing

ilustrasi relationship marketing. source envato

1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, Relationship Marketing membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang merasa terhubung secara emosional dengan merek cenderung tetap setia dan melakukan pembelian berulang.

2. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Relationship marketing akan membantu meningkatkan retensi pelanggan dengan memperkuat ikatan antara perusahaan dan pelanggan. Hal ini akan mengurangi churn rate dan biaya akuisisi pelanggan baru.

3. Penghasilan Pendapatan yang Konsisten

Pelanggan yang loyal cenderung melakukan pembelian secara teratur, yang menyediakan sumber pendapatan yang stabil bagi perusahaan. Hubungan yang kuat dengan pelanggan juga dapat membantu meredakan fluktuasi pasar.

4. Rekomendasi dan Referral

Melalui relationship marketing, perusahaan dapat memperoleh rekomendasi dan referral dari pelanggan yang puas. Rekomendasi dari pelanggan yang terhubung secara emosional dengan merek cenderung lebih dipercaya oleh calon pelanggan baru.

5. Penetrasi Pasar yang Lebih Baik

Hubungan yang kuat dengan pelanggan memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pasar. Hal ini akan membantu perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan menyesuaikan produk dan layanan mereka dengan lebih baik.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, perlu digaris bawahi bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, maka dari itu berikut adalah beberapa kekurangan relationship marketing:

1. Biaya dan Waktu yang Diperlukan

Membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan memerlukan investasi waktu, sumber daya, dan upaya yang signifikan dari perusahaan. Proses ini tidak selalu efisien dan dapat menjadi mahal.

2. Keterbatasan dalam Pengukuran ROI

Menilai efektivitas relationship marketing dan mengukur ROI (Return on Investment) dapat menjadi tantangan karena hubungan yang dibangun cenderung sulit diukur secara kuantitatif.

3. Resiko Ketergantungan

Ketergantungan yang berlebihan pada pelanggan tertentu dapat meningkatkan risiko jika pelanggan tersebut beralih ke kompetitor. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperluas basis pelanggan dan menjaga keseimbangan antara pelanggan baru dan yang sudah ada.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, keuntungan relationship marketing jauh melebihi kelemahannya dan dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk membangun merek yang kuat dan mempertahankan pangsa pasar yang loyal.

Kesulitan untuk melakukan relationship marketing? Coba dulu pakai bliss! 

Bliss merupakan program customer loyalty dalam bentuk aplikasi dengan bebas kustomisasi yang dapat anda pengaruhi sesuai keinginan bisnis anda sendiri!

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Strategi, Indikator, dan Contohnya

8 Strategi Relationship Marketing

Berikut adalah beberapa strategi yang umum digunakan dalam Relationship Marketing

1. Segmentasi Pelanggan

Identifikasi dan segmentasi pelanggan berdasarkan preferensi, perilaku, dan kebutuhan mereka. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyediakan pengalaman yang lebih personal dan relevan kepada setiap segmen pelanggan.

2. Komunikasi Terarah dan Personalisasi

Melakukan komunikasi yang terarah dan personal kepada pelanggan dengan menggunakan data pelanggan untuk menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Personalisasi pesan dapat mencakup penggunaan nama pelanggan, rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan penawaran khusus berdasarkan riwayat pembelian.

3. Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Memberikan pelayanan pelanggan yang unggul dan responsif untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Di dalamnya meliputi memberikan solusi cepat terhadap pertanyaan atau masalah pelanggan, mendengarkan feedback pelanggan, dan memberikan pengalaman yang positif dalam setiap interaksi.

4. Program Loyalty dan Reward

Menerapkan program loyalitas dan reward yang menarik untuk mendorong loyalitas pelanggan. Hal ini dapat berupa program poin atau diskon untuk pembelian berulang, hadiah ulang tahun, atau akses ke penawaran khusus bagi pelanggan setia.

5. Konten yang Relevan dan Berbagi Pengetahuan

Memberikan konten yang bermanfaat dan relevan kepada pelanggan, seperti panduan pengguna, tips produk, atau artikel industri. Berbagi pengetahuan yang berguna dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan membangun kepercayaan.

6. Keterlibatan dalam Media Sosial

Menggunakan media sosial sebagai saluran untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Membangun komunitas online yang aktif dan terlibat dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan dan memperluas jangkauan brand.

7. Mengutamakan Feedback Pelanggan

Mendengarkan dengan aktif terhadap feedback pelanggan dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan produk, layanan, dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

8. Kemitraan dan Kolaborasi

Membangun kemitraan dan kolaborasi dengan pelanggan untuk mengembangkan produk baru, meningkatkan layanan, atau mengadakan acara bersama. Hal ini dapat menciptakan ikatan yang lebih dalam antara perusahaan dan pelanggan.

Dengan menerapkan strategi pemasaran relationship marketing, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi kedua belah pihak.

Mau Coba Strategi Relationship Marketing yang Mudah tapi Cuan?

Jadilah bagian dari perubahan menuju hubungan yang lebih kuat dan berkelanjutan dengan pelanggan Anda. Mulai gunakan aplikasi Bliss sekarang dan temukan bagaimana Anda dapat membangun kesetiaan pelanggan dengan mudah dan efektif melalui strategi Relationship Marketing yang inovatif!

Aplikasi program loyalitas pelanggan Bliss.id memberikan keuntungan dari kemajuan teknologi dalam mempertahankan pelanggan Anda.  Bergabunglah dengan Bliss.id sekarang dan nikmati berbagai keuntungannya dengan mengisi form di link ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda