10 Langkah melakukan kuesioner kepuasan pelanggan dan tools-nya

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Jul 10, 2024 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Salah satu faktor penting dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis adalah kepuasan pelanggan. Nah, salah satu metode yang efektifnya adalah dengan mengumpulkan kuesioner kepuasan pelanggan.

Kuesioner kepuasan pelanggan adalah metode yang tepat untuk mengukur tingkat kepuasan dan membuka peluang untuk memahami persepsi pelanggan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Lantas, bagaimana cara melakukan kuesioner kepuasan pelanggan? Apakah ada tools terbaik untuk melakukan metode ini? Dapatkan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu kuesioner kepuasan pelanggan

Ruchika Sharma dalam laman Hubspot menjelaskan bahwa kuesioner kepuasan pelanggan adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari pelanggan tentang tingkat kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kuesioner ini berisi serangkaian pertanyaan yang dibuat khusus untuk mengukur berbagai aspek pengalaman pelanggan, seperti kualitas produk, layanan pelanggan, harga, proses pembelian, dan sebagainya.

Tujuan utama dari kuesioner kepuasan pelanggan adalah untuk mendapatkan feedback yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan, serta membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Data yang dikumpulkan dari kuesioner ini dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta memprioritaskan area yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan.

Baca juga: 7 Peran penting data pelanggan dan cara mengelolanya

Cara melakukan kuesioner kepuasan pelanggan

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan kuesioner kepuasan pelanggan:

1. Menentukan tujuan

Tentukanlah tujuan dari kuesioner kepuasan pelanggan Anda. Apakah Anda ingin mengukur kepuasan pelanggan pada produk baru, layanan pelanggan, atau pengalaman pelanggan secara umum.

2. Mengidentifikasi pertanyaan

Pilihlah jenis pertanyaan yang akan Anda sertakan ke dalam kuesioner. Pertanyaan tersebut dapat mencakup evaluasi terhadap kualitas produk, layanan pelanggan, kemudahan penggunaan, harga, dan lain-lain.

Namun, pastikan pertanyaan-pertanyaan tersebut relevan dengan tujuan Anda.

3, Desain kuesioner

Buatlah desain kuesioner yang mudah dipahami dan menarik untuk pelanggan. Pastikan urutan pertanyaan tersebut logis dan dibuat dengan alur yang teratur.

Gunakan juga bahasa yang jelas dan sederhana agar mudah dipahami oleh semua responden.

4. Uji coba

Sebelum mengirimkan kuesioner kepada pelanggan, lakukanlah uji coba terlebih dahulu kepada sejumlah kecil orang atau tim internal untuk mengidentifikasi potensi terjadinya masalah atau kekurangan dalam kuesioner tersebut.

5. Distribusi kuesioner

Tentukanlah metode distribusi kuesioner yang tepat. Anda bisa mengirimkan kuesioner melalui email, media sosial, atau menyertakan link kuesioner di dalam produk atau layanan Anda.

6. Mengumpulan respons

Periode pengumpulan respons harus ditentukan dengan jelas. Berikanlah waktu yang cukup bagi pelanggan untuk menanggapi kuesioner secara baik.

7. Analisis data

Setelah periode pengumpulan selesai, lakukanlah analisis data yang telah diperoleh dari kuesioner.

Dalam hal ini Anda harus mengidentifikasi tren atau pola yang muncul dari tanggapan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang mendalam.

8. Melakukan perbaikan

Gunakanlah hasil analisis tersebut untuk membuat keputusan yang tepat dalam meningkatkan produk atau layanan Anda. Segera implementasikan perbaikan atau perubahan yang diperlukan tersebut berdasarkan feedback dari

9. Feedback kepada pelanggan

Berikanlah feedback kepada pelanggan mengenai hasil kuesioner dan tindakan yang telah Anda ambil. Hal tersebut akan menunjukkan bahwa perusahaan Anda memang memperhatikan masukan dari mereka.

10. Evaluasi dan iterasi

Evaluasi keseluruhan proses kuesioner kepuasan pelanggan Anda. Identifikasi area yang dapat Anda tingkatkan untuk kuesioner selanjutnya dan teruslah mengiterasi proses ini untuk meningkatkan efektivitasnya dari waktu ke waktu.

Baca juga: Persona Pelanggan: Pengertian, Manfaat dan Cara Menciptakannya

Tools yang efektif untuk melakukan kuesioner kepuasan pelanggan

Untuk melakukan kuesioner kepuasan pelanggan secara efektif, Anda dapat memanfaatkan berbagai tools yang saat ini sudah banyak tersedia.

Nah, berikut ini adalah beberapa tools yang biasanya digunakan untuk membuat dan mengelola kuesioner kepuasan pelanggan:

1. SurveyMonkey

Platform ini sangat terkenal dalam membuat dan mengirimkan kuesioner online. SurveyMonkey mampu menyediakan berbagai template kuesioner yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

2. Google Forms

Layanan gratis dari Google ini bisa Anda gunakan untuk membuat kuesioner secara mudah dan mengumpulkan respons secara langsung ke Google Sheets

Google Forms juga memiliki berbagai opsi pertanyaan dan integrasi dengan Google Analytics.

3. Typeform

Platform kuesioner berbasis online ini menawarkan desain yang menarik dan responsif. Typeform memungkinkan Anda untuk membuat kuesioner yang interaktif dengan berbagai jenis pertanyaan.

4. Qualtrics

Platform survei yang lebih canggih ini sangat cocok untuk perusahaan besar yang membutuhkan analisis data yang mendalam dari kuesioner pelanggan.

5. SurveyGizmo

Platform lainnya untuk membuat dan menganalisis kuesioner secara online adalah SurveyGizmo. Tools ini dilengkapi dengan berbagai fitur pengelolaan respons dan analisis data.

6. Zoho Survey

Salah satu bagian dari suite aplikasi Zoho ini menawarkan tools untuk membuat kuesioner serta integrasi dengan aplikasi Zoho lainnya.

7. SurveyLegend

Platform ini memungkinkan Anda untuk membuat kuesioner dengan desain yang menarik dan responsif, serta mendapatkan analisis yang mendalam dari data yang dikumpulkan.

Pemilihan tools di atas sebenarnya tergantung pada kompleksitas dan skala kuesioner yang Anda butuhkan, serta fitur tambahan seperti analisis data, integrasi dengan sistem lain, dan dukungan pelanggan.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Era Digital

Penutup

Dari pembahasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa kuesioner kepuasan pelanggan adalah metode yang sangat penting dalam memahami dan meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan.

Dengan menggunakan kuesioner ini, Anda bisa mendapatkan pemahaman penting untuk memperbaiki produk atau layanan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan pelanggan Anda.

Untuk itu, sangat penting sekali untuk memilih alat yang tepat, seperti aplikasi loyalitas pelanggan dari Bliss, yang tidak hanya akan membantu Anda dalam mengumpulkan feedback, tetapi juga membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

Jadi, ayo coba gratis aplikasi Bliss sekrang juga secara gratis dengan hanya mengisi form ini.

Referensi:

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda