Infomersial: Pintu Gerbang Sukses Bisnis Anda

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Sep 20, 2024 | Marketing

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Pada dasarnya, infomersial adalah cara yang cukup jitu untuk memasarkan produk Anda. Bayangkan, dengan cuma-cuma Anda bisa tampil di TV dan membuat orang-orang terpesona dengan produk luar biasa yang Anda jual.

Nah, dengan infomersial, Anda bisa dengan mudah mempromosikan produk Anda secara lebih efektif. Anda bisa menjelaskan fitur-fitur produk, manfaat, dan keunggulannya secara detail. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menampilkan testimoni dari pelanggan yang puas.

Lantas, bagaimana cara menerapkannya? Baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu infomersial?

Sederhananya, infomersial adalah kombinasi antara iklan dan program televisi yang dirancang untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari cara jitu untuk mengeluarkan produk baru, infomersial bisa jadi solusi yang tepat.

Dengan infomersial, Anda bisa menjelaskan secara detail fitur dan keunggulan produk Anda. Selain itu, infomersial juga bisa membantu Anda membangun brand image yang kuat di mata konsumen.

Pasalnya, format infomersial yang interaktif dan menarik bisa membuat pemirsa semakin tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, infomersial juga terbukti ampuh untuk mendorong penjualan. Anda bisa mendapetkan banyak leads baru dari satu kali tayang infomersial.

Terlebih lagi kalau Anda bisa membuat infomersial yang kreatif dan persuasif, bukan hal yang mustahil Anda bisa mendapatkan penjualan yang jauh lebih tinggi dibanding strategi pemasaran lainnya.

Baca juga: Tidak Perlu Pusing Lagi Urus Marketing, Marketing Automation Siap Urus Semuanya

Kelebihan dan kekurangan infomersial bagi pebisnis

1. Kelebihan infomersial

Pertama, infomersial bisa jadi cara jitu untuk Anda menjelaskan secara detail fitur dan keunggulan produk Anda. Nah, hal ini sangat penting untuk membuat konsumen semakin tertarik dan yakin dengan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, format infomersial yang interaktif dan menarik juga bisa membantu Anda dalam membangun brand image yang kuat di mata konsumen.

Anda bisa mendapetkan banyak leads baru dari satu kali tayang infomersial.

Terlebih lagi jika Anda bisa bikin infomersial yang kreatif dan persuasif, bukan mustahil bagi Anda untuk bisa mendapetkan penjualan yang jauh lebih tinggi dibanding strategi pemasaran lainnya.

2. Kekurangan infomersial

Meskipun infomersial punya banyak kelebihan, Anda juga harus waspada dengan beberapa kekurangannya.

Pertama, biaya produksi infomersial cenderung lebih mahal dibanding iklan biasa. Anda harus siap mengeluarkan budget yang lebih besar untuk membuat infomersial yang menarik dan berkualitas.

Selain itu, Anda juga harus memastikan infomersial Anda bisa ditayangkan di waktu yang tepat. Karena, jika salah waktu tayang, infomersial Anda berisiko tidak efektif untuk mendorong penjualan.

Nah, yang terakhir, Anda juga harus memastikan konten infomersial Anda benar-benar menarik dan persuasif. JIka tidak, bisa-bisa pemirsa tiadk tertarik dan tidak jadi beli produk Anda.

Baca juga: Tingkatkan Profitabilitas Bisnismu dengan Sales Tracking System

Cara menerapkan infomersial untuk bisnis anda

1. Tentukan tujuan dan strategi infomersial

Sebelum mulai membuat infomersial, Anda harus memastikan terlebih dahulu apa tujuan Anda.

Entah itu ingin mengeluarkan produk baru? Atau ingin membangun brand image yang lebih kuat?

Nah, setelah menentukan tujuannya, Anda bisa mulai menyusun strategi infomersial yang tepat.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah mengeluarkann produk baru, Anda bisa fokus menjelaskan fitur dan keunggulan produk secara detail.

Tapi jika tujuannya untuk membangun brand image, Anda bisa membuat infomersial yang lebih fokus ke brand story dan nilai-nilai perusahaan.

2. Buat konten infomersial yang menarik

Setelah menentukan tujuan dan strategi, saatnya Anda membuat konten infomersial yang menarik dan persuasif.

Anda bisa mulai dari menentukan format yang pas, misalnya apakah ingin membuat infomersial dalam bentuk tutorial, testimoni, atau demo produk.

Nah, selain itu, Anda juga harus memastikan konten infomersial Anda sudah benar informatif, interaktif, dan eye-catching.

Jangan lupa juga untuk menyisipkan call-to-action yang kuat agar pemirsa semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

3. Pilih waktu tayang yang tepat

Setelah konten infomersial siap, saatnya Anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk menayangkan infomersial Anda.

Anda harus pastikan bahwa infomersial Anda ditayangkan di waktu-waktu prime time, misalnya saat pemirsa sedang menonton acara favorit mereka.

Selain itu, Anda juga bisa coba menayangkan infomersial di kanal-kanal digital yang sedang hype, seperti YouTube atau media sosial.

Nah, dengan begitu, Anda bisa pastiin infomersial Anda bener-bener efektif untuk mendorong penjualan.

4. Ukur efektivitas infomersial

Nah, setelah infomersial Anda tayang, jangan lupa juga untuk terus memantau dan mengukur efektivitasnya. Anda bisa liat dari berbagai parameter, seperti jumlah leads baru, converson rate tingkat konversi penjualan, atau bahkan feedback langsung dari pemirsa.

Nah, dari sana, Anda bisa evaluasi kekuatan dan kelemahan infomersial Anda, terus perbaiki buat kedepannya.

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa Anda terapin buat ngeluarin infomersial yang efektif buat bisnis Anda. Yuk, mulai rancang strategi infomersial yang jitu buat ngedorong kesuksesan bisnis Anda!

Baca juga: 7+ Strategi Jitu Meningkatkan Marketing Qualified Lead yang Wajib Anda Coba

Penutup

Nah, dari pembahasan sebelumnya, kita bisa pahami bersama bahw infomersial adalah jadi strategi juntuk untuk mendorong kesuksesan bisnis

Dengan infomersial, Anda bisa jmenelaskan secara detail fitur dan keunggulan produk, membangun brand image yang kuat, serta ngedorong penjualan yang lebih tinggi.

Apalagi kalo Anda bisa bikin infomersial yang kreatif dan persuasif, bukan mustahil Anda bisa dapetin banyak leads baru dan penjualan yang jauh lebih tinggi.

Nah, kira-kira gimana kalo Anda coba terapin strategi infomersial ini buat program loyalitas pelanggan Bliss?

Dengan infomersial, Anda bisa jelasin secara detail keuntungan dan manfaat yang bakal Anda dapetin kalau bergabung jadi member

Bliss. Selain itu, Anda juga bisa bangun brand image Bliss yang lebih kuat di mata konsumen, sehingga mereka makin percaya dan loyal sama Bliss.

Nah, buat Anda yang belum pernah coba program loyalitas Bliss, sekarang saatnya Anda cobain! Ayo daftar jadi member Bliss sekarang juga secara gratis.

Cukup klik link ini, isi formulirnya, dan Anda bakal langsung dapet akses ke berbagai keuntungan eksklusif dari Bliss. Jangan sampai kelewatan ya, karena penawaran ini cuma ada buat waktu terbatas!

Referensi:

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda