Google Ads merupakan platform periklanan online berbayar dari Google untuk setiap bisnis atau pengguna yang ingin mengiklankan produknya.
Platform tersebut sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, lalu berganti nama pada tahun 2018. Melalui sistem pay per click (PPC), Anda cukup membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda.
Penasaran bagaimana cara memanfaatkan Google Ads untuk mengembangkan bisnis Anda? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai
Pengertian Google Ads
Google Ads merupakan platform periklanan online berbayar dari Google untuk setiap bisnis atau pengguna ingin mengiklankan produknya. Platform tersebut sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords sebelum berganti nama pada 2018.
Melalui sistem pay per click (PPC), Anda cukup membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda. Sistem PPC ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan traffic ke website secara instan dan menargetkan potential customer dengan lebih tepat.
Cara kerja Google Ads adalah dengan menggunakan sistem lelang online, dimana Anda dapat menentukan berapa banyak budget untuk menayangkan iklan.
Google kemudian akan menentukan relevansi iklan Anda dengan kata kunci pencarian pengguna. Ketika iklan Anda dinilai relevan, maka iklan akan ditampilkan dan Anda akan dikenakan biaya sesuai jumlah klik atau tayangan.
Keunggulan Google Ads terletak pada fleksibilitas kontrolnya. Anda bebas mengatur anggaran beriklan tanpa batasan minimum atau maksimum.
Selain itu, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengubah iklan kapan saja, termasuk pengaturan iklan, anggaran, hingga konten iklan.
Iklan Anda tidak hanya muncul di mesin pencarian Google, tetapi juga dapat ditampilkan di berbagai platform seperti YouTube, blog, dan Google Display Network.
Berdasarkan data Hubspot per Juli 2022, display ads tercatat mampu menghasilkan 180 juta impressions setiap bulan dan Google Ads mencapai tingkat click-through rate (CTR) hampir 2%.
Baca juga: Search Engine Optimization (SEO): Pengertian dan Strategi Ampuhnya
Kelebihan Google Ads
Google Ads menawarkan berbagai keunggulan untuk mengembangkan bisnis Anda secara online. Berikut ini adalah berbagai kelebihan platform iklan dari Google tersebut:
1. Meningkatkan traffic website dengan cepat
Sistem pay per click (PPC) memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengunjung website secara instan. Perhitungan biaya iklan dikonversi berdasarkan jumlah klik, misalnya dengan budget Rp50.000 per hari dan biaya Rp1.000 per klik, Anda bisa memperoleh sekitar 50 pengunjung website.
2. Target audiens secara lebih spesifik
Google Ads memungkinkan Anda untuk menentukan target iklan berdasarkan lokasi geografis, usia, jenis kelamin, perangkat, bahasa, hingga waktu penayangan.
Pengaturan tersebut akan membuat iklan Anda tampil tepat di hadapan calon pelanggan potensial.
3. Kontrol anggaran secara fleksibel
Anda memiliki kendali penuh atas budget iklan tanpa batasan minimum atau maksimum. Sistem pembayaran PPC akan membuat biaya iklan lebih efisien karena Anda hanya perlu membayar saat ada pengguna mengklik iklan.
4. Jangkauan iklan luas
Sebagai mesin pencari terbesar, Google memberikan peluang agar iklan Anda tampil di berbagai platform seperti YouTube, blog, dan Google Display Network.
Anda dapat membuat beberapa kampanye sekaligus untuk menjangkau target pasar yang berbeda.
5. Hasil yang terukur dan transparan
Google Ads menyediakan data lengkap terkait performa iklan, mulai dari jumlah tayangan, klik, hingga konversi. Data tersebut akan membantu Anda untuk mengoptimalkan kampanye iklan agar lebih efektif.
6. Fitur remarketing
Iklan Anda dapat mengikuti audiens potensial saat mereka mengunjungi website lain. Fitur tersebut akan membantu meningkatkan peluang konversi dengan menampilkan iklan kepada pengguna yang telah menunjukkan ketertarikan pada produk Anda.
7. Reputasi website meningkat
Beriklan di Google Ads mampu membantu website Anda tampil di posisi teratas hasil pencarian. Meski berbeda dengan SEO organik, metode berbayar ini bisa memberikan hasil yang lebih cepat untuk meningkatkan visibilitas website Anda.
Baca juga: Marketing Campaign: Pengertian dan Cara Menjalankannya
Strategi sukses menjalankan Google Ads untuk bisnis
Menjalankan Google Ads membutuhkan perencanaan yang matang agar mampu menghasilkan performa yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa strategi sukses dalam menjalankan kampanye iklan di Google Ads:
1. Tentukan tujuan dan target pasar
Pertama, tetapkanlah target yang jelas sebelum membuat iklan, seperti meningkatkan penjualan, mendapatkan leads, atau menambah pendaftar email. Tentukan juga target audiens berdasarkan lokasi, minat, usia, dan perangkat.
2. Riset dan kelompokkan kata kunci
Manfaatkanlah Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang relevan. Kelompokkan kata kunci dalam Single Keyword Ad Groups (SKAGs) agar iklan lebih terarah dan mendapat quality score yang lebih baik.
3. Optimalkan anggaran iklan
Cobalah untuk mengatur pengeluaran iklan dengan mempertimbangkan tingkat konversi kampanye dan popularitas keyword.
Gunakan juga fitur smart bidding untuk mengoptimalkan penawaran secara otomatis berdasarkan data performa.
4. Manfaatkan remarketing
Manfaatkanlah Remarketing Lists for Search Ads (RLSA) untuk menampilkan iklan kepada pengunjung website Anda. Pastikan daftar remarketing tersebut memiliki minimal 5.000-10.000 anggota agar lebih efektif.
5. Sesuaikan iklan dengan pencarian
Gunakanlah Dynamic Keyword Insertion (DKI) untuk menyesuaikan judul dan deskripsi iklan secara otomatis dengan kata kunci pencarian pengguna.
6. Lakukanlah A/B Testing secara berkala
Lakukanlah A/B testing pada berbagai jenis iklan seperti responsive display ads, video ads, search ads, dan shopping ads. Pantaulah performa tersebut melalui Search Terms Report untuk mengidentifikasi kata kunci negatif.
7. Manfaatkan ad assets
Tambahkanlah sitelinks, call extensions, structured snippets, dan lead forms untuk meningkatkan performa iklan dan memberikan informasi tambahan kepada pengguna.
Baca juga: 7 Taktik Pemasaran Ampuh 2025 yang Harus Anda Pertimbangkan
Penutup
Google Ads menjadi solusi yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan visibilitas bisnis secara online. Platform periklanan dari Google tersebut menawarkan sistem pay per click (PPC) dimana Anda hanya membayar saat ada pengguna yang mengklik iklan.
Melalui fitur targeting lengkap, Anda dapat menentukan target audiens berdasarkan lokasi, usia, minat, dan perilaku pencarian.
Sistem lelang iklan di dalamnnya memungkinkan Anda mengontrol anggaran dengan fleksibel tanpa batasan minimum. Data performa iklan juga tersedia secara real-time untuk mengoptimalkan kampanye.
Namun, kesuksesan beriklan secara online tidak hanya tentang mendapatkan traffic. Program loyalitas pelanggan juga diperlukan untuk meningkatkan retensi dan konversi.
Untuk itu, Bliss hadir sebagai solusi lengkap untuk mengelola membership digital bisnis Anda. Platform tersebut akan memudahkan pengelolaan poin reward, pengiriman pesan promo, dan pemantauan transaksi member secara terintegrasi.
Tertarik mencoba Bliss untuk mengembangkan bisnis Anda? Bergabung sekarang dan nikmati kemudahan mengelola program loyalitas pelanggan dalam satu platform terintegrasi sekarang juga dengan klik laman ini.
Referensi: