Cara Efektif Menentukan Target Audiens untuk Strategi Pemasaran Anda

oleh Ibnu Ismail Ditinjau Baskara Aji | Jun 26, 2024 | Manajemen

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Menentukan target audiens yang tepat adalah langkah penting dalam membuat strategi pemasaran yang sukses. Dengan mengetahui siapa target audiens Anda, maka Anda bisa membuat pesan dan konten yang lebih relevan, meningkatkan interaksi, dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti saat ini, Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang target audiens agar Anda bisa menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai metode untuk mengidentifikasi target audiens secara efektif, sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi marketing Anda dan mencapai hasil yang optimal.

Pengertian target audiens

Pengertian target audiens

ilustrasi target audiens. source envato

Kayla Carmicheal dalam laman Hubspot menjelaskan bahwa target audiens adalah kelompok atau segmen spesifik dari populasi yang menjadi fokus utama dalam kegiatan pemasaran, komunikasi, atau konten tertentu.

Dalam dunia pemasaran dan komunikasi digital, setiap pebisnis dan tim marketing harus bisa menentukan target audiens agar pesan atau konten yang disampaikan dapat lebih tepat sasaran dan efektif.

Beberapa faktor yang digunakan untuk menentukan target audiens adalah sebagai berikut:

  1. Demografi: Seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan status perkawinan.
  2. Geografi: Lokasi geografis dari audiens potensial, baik itu regional, nasional, atau internasional.
  3. Psikografi: Seperti nilai-nilai, sikap, minat, gaya hidup, dan kepribadian dari audiens.
  4. Perilaku: Pola perilaku konsumen seperti kebiasaan belanja, preferensi produk, kegiatan online, dan kebiasaan media sosial.
  5. Tujuan dan kebutuhan: Apa yang mereka cari atau butuhkan, serta tujuan yang ingin mereka capai dengan menggunakan produk atau layanan tertentu.

Dengan mengetahui siapa target audiens Anda, maka Anda bisa membuat strategi pemasaran yang lebih efektif, menciptakan konten yang lebih relevan, dan meningkatkan tingkat respons atau interaksi dengan audiens tersebut.

Baca juga: Membongkar Strategi Viral Marketing Demi Raih Kesuksesan di Dunia Digital

Apa bedanya target audiens dan target market?

Apa bedanya target audiens dan target market?

ilustrasi target audiens. source envato

Target audiens dan target market adalah konsep yang sering digunakan dalam dunia marketing, namun memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaannya:

1. Definisi

Target audiens dan target market merupakan konsep yang sering digunakan dalam pemasaran untuk merujuk kepada kelompok-kelompok tertentu dari populasi yang menjadi fokus strategi pemasaran. Namun, keduanya memiliki fokus yang sedikit berbeda.

2. Target market

Target market lebih menitikberatkan pada segmen pasar secara umum yang menjadi target utama dari produk atau layanan tertentu, yaitu semua individu atau organisasi yang memiliki potensi untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Contohnya, sebuah perusahaan yang menghadilkan produk kosmetik premium akan menargetkan wanita profesional berusia 25-40 tahun yang tinggal di perkotaan.

3. Target audiens

Sementara itu, target audiens lebih spesifik dan berfokus pada kelompok yang dituju dalam konteks komunikasi atau pemasaran tertentu, yaitu mereka yang dianggap paling mungkin terlibat dengan pesan atau konten spesifik yang akan disampaikan.

Misalnya, dalam suatu campaign digital marketing, target audiens bisa mencakup pengguna internet berusia 18-35 tahun yang tertarik dengan teknologi baru.

4. Fokus dan pendekatan

Target market memandang pasar sebagai keseluruhan potensial pembeli, sedangkan target audiens lebih mempertimbangkan siapa yang paling relevan atau terpengaruh oleh pesan atau konten tertentu.

Artinya, target market lebih strategis dalam menentukan siapa yang akan dilayani oleh produk atau layanan Anda, sementara target audiens akan lebih terfokus pada siapa yang akan dijangkau dengan pesan pemasaran atau komunikasi tertentu.

5. Implementasi dalam pemasaran

Ketika membuat strategi pemasaran, Anda harus memahami dengan baik target market maupun target audiens Anda.

Target market akan membantu Anda dalam menentukan segmentasi pasar dan posisi produk, sedangkan target audiens akan lebih membantu Anda dalam menentukan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan segmen-segmen tersebut.

Dengan memahami perbedaan di atas, Anda bisa mengoptimalkan kegiatan markeitng untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Baca juga: Strategi Growth Marketing: Mengoptimalkan Pertumbuhan Bisnis dengan Cerdas

Cara menentukan target audiens secara tepat

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda