Program Subscription: Pengertian, Cara Kerja, dan Strategi Menerapkannya

oleh | Mar 19, 2024 | Bisnis

source envato.

Promo Gabung Beta Program

Jalin loyalitas dengan pelangganmu.

Join Beta Program

Dalam era digital seperti saat ini, banyak perusahaan berusaha untuk terus mengembangkan model bisnisnya agar dapat tetap relevan dan bersaing secara efektif. Salah satu strategi yang semakin bayak digunakan saat ini adalah program subscription atau program berlangganan.

Program ini tidak hanya mampu memberikan nilai tambah bagi pelanggan, tetapi juga akan membuka peluang baru bagi bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen.

Sebagai konsep bisnis, program subscription mampu membawa sejumlah manfaat, termasuk stabilitas pendapatan, retensi pelanggan yang lebih baik, dan pengembangan produk yang lebih fokus pada kebutuhan konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang mengapa program subscription menjadi kunci penting dalam mengoptimalkan model bisnis Anda. Jadi, ayo baca terus artikel tentang program subscription di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Program Subscription

program subscription

ilustrasi program subscription. source envato

Dilansir dari laman Paddle, program subscription, atau sering disebut juga sebagai langganan, adalah model bisnis di mana pelanggan membayar secara berkala untuk mendapatkan akses atau manfaat tertentu.

Dalam program subscription, pelanggan biasanya akan mendaftar untuk menerima layanan atau produk secara teratur, misalnya bulanan atau tahunan, dan mereka membayar biaya langganan sesuai dengan periode tersebut.

Model bisnis ini telah menjadi semakin banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir karena mampu memberikan stabilitas pendapatan kepada perusahaan, meningkatkan retensi pelanggan, dan memberikan customer experience yang berkelanjutan.

Beberapa contoh sederjana dari program subscription adalah layanan streaming video, layanan musik digital, langganan majalah elektronik, dan bahkan pengiriman produk fisik secara berkala, seperti produk kecantikan atau makanan siap saji.

Dengan mengadopsi model bisnis ini, perusahaan Anda dapat lebih mudah merencanakan pertumbuhan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Baca juga: Pengertian Basket Size dalam Bisnis dan Manfaatnya

Cara Kerja Program Subscription

Cara Kerja Program Subscription

ilustrasi program subscription. source envato

1. Pendaftaran Pelanggan

Pelanggan akan mendaftar untuk mengikuti program subscription dengan memberikan informasi pribadi dan memilih jenis langganan yang diinginkan, seperti paket layanan atau frekuensi pengiriman.

2. Penentuan Periode Pembayaran

Saat mendaftar, pelanggan akan diminta memilih periode pembayaran yang sesuai, seperti bulanan atau tahunan. Biaya langganan akan dihitung berdasarkan periode ini.

3. Otomatisasi Pembayaran

Program subscription biasanya akan diminta menggunakan sistem otomatis untuk memproses pembayaran secara berkala sesuai dengan periode yang telah ditentukan oleh pelanggan. Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, transfer bank, atau metode pembayaran elektronik lainnya.

4. Akses atau Pengiriman Konten/Produk

Setelah pembayaran berhasil diproses, pelanggan akan mendapatkan akses ke layanan digital, produk fisik yang dikirimkan, atau manfaat lainnya sesuai dengan ketentuan langganan.

5. Notifikasi dan Pengingat

Sistem program subscription umumnya akan memberikan notifikasi kepada pelanggan sebelum tanggal pembayaran berikutnya dan memberikan pengingat terkait pembaruan atau perubahan dalam layanan.

6. Fleksibilitas Langganan

Beberapa program subscription juga menawarkan fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengubah atau membatalkan langganannya, sehingga bisa memberikan kontrol yang lebih besar terhadap pengalaman pelanggan.

7. Pemeliharaan dan Pembaruan

Perusahaan yang menyelenggarakan program subscription harus bertanggung jawab untuk memelihara layanan atau produk yang mereka tawarkan, termasuk pembaruan secara teratur agar tetap relevan dan berkualitas.

8. Analisis dan Peningkatan

Data dari program subscription bisa digunakan untuk menganalisis perilaku pelanggan, meningkatkan layanan, dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan lebih lanjut. Dengan demikian, perusahaan dapat terus mengoptimalkan program subscription mereka.

Baca juga: Average Order Value: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Strategi Menerapkan Program Subscription

Strategi Menerapkan Program Subscription

ilustrasi program subscription. source envato

1. Memahami Target Pasar

Sebelum meluncurkan program subscription, pahami secara menyeluruh siapa target pasar Anda. Identifikasi kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen potensial untuk memastikan bahwa program subscription Anda relevan dan menarik bagi mereka.

2. Penawaran Layanan yang Menarik

Kembangkanlah penawaran yang bernilai tinggi untuk pelanggan. Pastikan bahwa program subscription Anda mampu memberikan manfaat atau konten eksklusif yang cukup menggoda untuk membuat pelanggan bersedia membayar secara berkala.

3. Fleksibilitas dan Opsi Langganan

Berikanlah opsi langganan yang beragam, seperti paket bulanan, tahunan, atau pilihan lainnya. Tawarkan juga fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengubah atau membatalkan langganan mereka, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

4. Penetapan Harga yang Jelas dan Adil

Tentukanlah harga langganan yang transparan dan adil. Pelanggan harus dapat dengan mudah memahami nilai yang mereka peroleh dari langganan mereka, dan harga yang Anda tetapkan harus mencerminkan manfaat yang diberikan.

5. Strategi Pemasaran yang Efektif

Gunakanlah strategi pemasaran digital untuk mengkomunikasikan nilai dari program subscription Anda. Manfaatkanlah media sosial, kampanye email, dan konten online untuk meningkatkan kesadaran dan menarik pelanggan potensial.

6. Uji Coba dan Evaluasi

Pertimbangkan juga untuk menawarkan periode uji coba gratis atau diskon untuk menarik pelanggan baru. Selanjutnya, lakukanlah evaluasi secara berkala untuk mengukur keberhasilan program dan identifikasi area yang perlu ditingkatkan.

7. Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Sediakanlah dukungan pelanggan yang responsif dan ramah. Pastikan bahwa pelanggan merasa didengar dan didukung dalam pengalaman langganan mereka.

8. Inovasi Produk atau Layanan

Teruslah mengembangkan dan menyempurnakan produk atau layanan yang Anda tawarkan melalui program subscription. Inovasi dapat memberikan dorongan tambahan bagi pelanggan untuk tetap berlangganan dan memperkuat daya saing Anda di pasar.

9. Program Loyalitas

Pertimbangkan juga untuk menyertakan program loyalitas dalam program subscription Anda. Berikanlah insentif atau penghargaan kepada pelanggan setia untuk meningkatkan retensi dan memperkuat hubungan dalam jangka waktu yang panjang.

10. Pemantauan dan Analisis

Gunakanlah alat analisis yang tepat untuk terus memantau perforam program subscription. Evaluasi data pelanggan, tren pembelian, dan feedback untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dan mengoptimalkan strategi Anda.

Baca juga: Distributor Rebate: Pengertian, Fungsi dan Cara Memaksimalkannya

Penutup

Menerapkan program subscription sebagai strategi bisnis dapat menjadi langkah yang tepat dalam mengoptimalkan pendapatan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Kesuksesan program ini tergantung pada pemahaman mendalam terhadap target pasar, penawaran layanan yang menarik, serta strategi pemasaran yang efektif.

Fleksibilitas dalam opsi langganan, penetapan harga yang jelas, dan pelayanan pelanggan yang unggul merupakan faktor penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Melalui inovasi berkelanjutan dan program loyalitas, perusahaan dapat memperkuat daya saingnya dan memotivasi pelanggan untuk tetap setia.

Pemantauan dan analisis yang dilakukan secara terus-menerus terhadap kinerja program subscription sangat penting untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dan menjaga relevansi dalam pasar yang terus berubah.

Dengan menerapkan strategi yang tepat, program subscription dapat menjadi pilar pertumbuhan yang kuat bagi bisnis, menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan meningkatkan keberlanjutan model bisnis secara keseluruhan.

Hal lainnya yang bisa meningkatkan nilai tambah dan mensukseskan bisnis adalah dengan menerapkan program loyalty dengan menggunakan Bliss Loyalty Program.

Aplikasi ini mampu membantu Anda dalam mengelola poin reward pelanggan dimana saja Anda butuhkan, mengirimkan pesan promo pada pelanggan member, mengintegrasikannya ke produk Accurate, seperti Accurate POS dan Accurate Online.

Jadi tunggu apa lagi, gabung sekarang juga menjadi beta tester Bliss dengan mengisi form ini.

Artikel Terkait

Bergabung dengan Bliss Sekarang

Jalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, tingkatkan kesuksesan dan keuntungan pada bisnis Anda